Balas Pembakaran Al-Quran, Aktivis Turki Bakar Bendera Swedia

Minggu, 22 Januari 2023 - 20:24 WIB
loading...
Balas Pembakaran Al-Quran, Aktivis Turki Bakar Bendera Swedia
Aktivis membakar bendera Swedia sebagai bentuk pembalasan atas pembakaran Al-Quran. Foto/twitter
A A A
ISTANBUL - Para pengunjuk rasa membakar bendera Swedia di Istanbul pada Sabtu (21/1/2023) sebagai tanggapan atas pembakaran Al-Qur'an di depan umum oleh seorang aktivis anti-Islam di dekat Kedutaan Besar Turki di Stockholm.

Insiden itu terjadi di tengah pertikaian diplomatik antara Turki dan Swedia yang mungkin berdampak pada upaya negara Nordik itu untuk bergabung dengan blok militer NATO.



Pembakaran Alquran dilakukan Rasmus Paludan, pemimpin partai kecil sayap kanan Denmark bernama Steam Kurs (Garis Keras).

Polisi Swedia bukannya mencegah pembakaran Al-Quran tapi justru menjaga keamanan saat aktivis membakar kitab suci umat Islam tersebut.

Baca juga: Tak Pernah Kapok Bakar Al-Quran, Inilah Sisi Gelap Rasmus Paludan

Mereka yang berkumpul di luar konsulat Swedia di Istanbul kemudian pada hari yang sama marah karena polisi Swedia mengizinkan kitab suci umat Islam dibakar.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mencap pembakaran Alquran sebagai "kejahatan kebencian" dan mendesak pihak berwenang Swedia menghentikan Paludan.

Pejabat Swedia mengutuk insiden tersebut tetapi menyatakan tindakan aktivis tersebut konsisten dengan undang-undang yang melindungi kebebasan berbicara.

Baca juga: 1,5 Miliar Muslim Terluka, Reaksi Dunia Atas Pembakaran Al-Quran di Swedia
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1520 seconds (10.177#12.26)