Indonesian Festival Awali Promosi Seni Budaya Indonesia di Thailand Tahun 2023

Senin, 23 Januari 2023 - 06:01 WIB
loading...
Indonesian Festival Awali Promosi Seni Budaya Indonesia di Thailand Tahun 2023
Festival Indonesia menampilkan alat musik angklung di Thailand. Foto/kbri bangkok
A A A
BANGKOK - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok bekerjasama dengan Univeristas Chulalongkorn dan Ang Thong College of Dramatic Arts menyelenggarakan Indonesian Festival di Aula Gedung Ang Thong College tanggal 18-19 Januari 2023.

Kegiatan yang diikuti sekitar 300 mahasiswa yang hadir secara on site dan 500 mahasiswa hadir secara on line tersebut terdiri dari workshop tari Indonesia, workshop Bahasa Indonesia, workshop lagu Indonesia, workshop musik Indonesia serta perkenalan Indonesia dan kuis pengetahuan dasar mengenai Indonesia.

Selain itu, selama dua hari berturut-turut telah dipamerkan pula booth Indonesia untuk dikunjungi seluruh siswa dan mahasiswa di Ang Thong.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP Rachmat Budiman.

“Berbekal dari kerja sama bilateral yang baik antara Indonesia dan Thailand jauh sebelum Indonesia merdeka, saya ingin menekankan pentingnya kedua pihak untuk terus meningkatkan kerja sama bilateral di semua bidang, terutama di bidang seni dan sosial budaya mengingat dua elemen tersebut sangat penting dalam hubungan internasional,” ungkap Duta Besar Rahmat Budiman.



Dia menjelaskan, “Pertukaran budaya berupa people-to-people contact tidak hanya untuk para golongan atas melainkan harus sampai ke semua golongan masyarakat umum (akar rumput) yang melibatkan akademisi, anak muda, seniman, mahasiswa, atlit, media hingga para pengusaha.”

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan Indonesian Festival tersebut merupakan manifestasi dari upaya peningkatan people-to-people contact antara Indonesia dan Thailand.

Kegiatan ini menjadi wadah bagi generasi muda Thailand dan Indonesia untuk mengenal satu sama lain lebih baik lagi.

Disampaikan pula apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah berkontribusi menyukseskan kegiatan tersebut.

Sementara itu, Direktur Ang Thong College of Dramatic Arts, Associate Professor Sompob Kheawmanee menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada KBRI Bangkok atas penyelengggaraan kegiatan tersebut.

Dengan adanya kegiatan Indonesian Festival, mahasiswa dapat mempelajari berbagai macam seni dan budaya Indonesia seperti cara membatik, tari tradisional, lagu Indonesia, serta musik dari Indonesia.

Dia berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat menjadi langkah awal bagi para mahasiswa untuk tertarik dan ingin mengenal lebih jauh lagi mengenai kekayaan seni dan budaya Indonesia ke depannya.

Kegiatan di hari pertama diawali dengan perkenalan Indonesian Festival dan kekayaan seni dan budaya Indonesia, serta workshop Bahasa Indonesia.

Kegiatan bersifat interaktif dengan diadakannya berbagai macam kuis di akhir sesi untuk mengetahui pemahaman peserta terhadap berbagai materi mengenai Indonesia yang telah disampaikan.

Selanjutnya, mahasiswa dibagi ke dalam tiga kelas untuk mengikuti worksop cara membatik, workshop tari tradisional Indonesia dan workshop alat musik Indonesia Angklung dan workshop lagu dari Indonesia. Kegiatan workshop ini diikuti oleh para siswa dan mahasiswa berdasarkan jurusan mereka.

Sehingga dalam waktu setengah hari mereka relatif sudah mulai dapat memahami secara dasar cara membatik, menari, menyanyi lagu Indonesia serta memainkan alat musik Angklung.

Selanjutnya, semua yang dipelajari di hari pertama ditampilkan pada tanggal 19 Januari 203 di Auditorium Ang Thong College yang dihadiri oleh sekitar 600 penonton termasuk Duta Besar RI Bangkok.

Mahasiswa terlihat sangat antusias untuk menampilkan apa yang telah mereka pelajari. Selain mendapatkan ilmu mengenai seni dan budaya Indonesia, para mahasiswa juga sangat senang karena mendapatkan sertifikat workshop dari Duta Besar RI Bangkok di akhir kegiatan.

Tidak lupa Duta Besar RI Bangkok juga memberikan kejutan kepada semua penonton dengan tampil menyanyikan lagu Thailand berjudul “Thale Jhay” dan lagu Indonesia berjudul “Parcuma”.

Selain itu, selama dua hari tersebut, telah dipamerkan pula booth Indonesia yang berisi banner dan brosur-brosur promosi pariwisata Indonesia, produk kerajinan tangan, patung dan wayang Indonesia serta miniatur alat musik khas Indonesia.

Kegiatan Indonesian Festival in kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh KBRI Bangkok bekerja sama dengan Universitas Chulalongkorn Bangkok, salah satu universitas negeri terbesar di Thailand, sejak enam tahun lalu.

Festival ini juga merupakan acara promosi seni budaya satu-satunya yang dimiliki oleh Universitas Chulalongkorn melalui kerja sama dengan Kedutaan Besar asing di Bangkok.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1924 seconds (0.1#10.140)