1,5 Miliar Muslim Terluka, Reaksi Dunia Atas Pembakaran Al-Quran di Swedia

Minggu, 22 Januari 2023 - 06:55 WIB
loading...
1,5 Miliar Muslim Terluka, Reaksi Dunia Atas Pembakaran Al-Quran di Swedia
Negara-negara Muslim beraksi keras atas pembakaran al-Quran yang dilakukan politisi sayap kanan Swedia Rasmus Paludan di depan Kedutaan Turki di Stockholm. Foto/Daily Sabah
A A A
ANKARA - Negara-negara Muslimbereaksi keras dalam kemarahan setelah Swedia memberikan izin kepada politisi rasis sayap kanan Rasmus Paludan membakar salinan kitab suci al-Quran . Aksi itu dilakukannya di depan gedung Kedutaan Turki di Stockholm pada Jumat lalu.

Berikut adalah reaksi sejumlah negara dan organisasi internasional atas aksi Paludan seperti dikutip dari TRT World, Minggu (22/1/2023).

1. Turki

Lewat sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Turki mengutuk keras aksi pembakaran kitab suci al-Quran.

"Kami mengutuk sekeras mungkin serangan keji terhadap kitab suci kami, Al-Qur'an, di Swedia hari ini (21 Januari), meskipun kami telah berulang kali memperingatkan sebelumnya," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki.

Menyebut tindakan itu sebagai "kejahatan kebencian langsung," Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan: "Mengizinkan tindakan anti-Islam ini, yang menargetkan Muslim dan menghina nilai-nilai suci kita, dengan kedok kebebasan berekspresi sama sekali tidak dapat diterima."

"Tindakan tercela ini adalah contoh lain dari tingkat mengkhawatirkan yang telah dicapai Islamofobia dan gerakan rasis dan diskriminatif di Eropa."

2. Pakistan

Kecaman juga dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Pakistan.

"Tindakan Islamofobia yang tidak masuk akal dan provokatif ini melukai kepekaan agama lebih dari 1,5 miliar Muslim di seluruh dunia," kata sebuah pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Pakistan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1505 seconds (10.177#12.26)