Pengamat Israel: Pembunuhan Kilani Justru Perkuat Sarang Singa

Selasa, 25 Oktober 2022 - 09:41 WIB
Upacara pemakaman diadakan untuk Tamer Al-Kilani di Nablus, Tepi Barat, pada 23 Oktober 2022. Foto/Nedal Eshtayah/Anadolu Agency
TEL AVIV - Pengamat Israel menjelaskan di surat kabar bahwa pembunuhan aktivis Lions' Den (Sarang Singa), Tamer Al-Kilani oleh Israel di Nablus "tidak mengubah aturan main."

Pembunuhan itu justru akan "memperkuat organisasi." Meski Israel menahan diri untuk secara resmi mengumumkan pembunuhan Al-Kilani, Yossi Yehoshua, pengamat militer di surat kabar Yedioth Ahronoth, percaya keputusan Israel menutupi pembunuhan itu "tidak menunjukkan tingkat pencegahan yang tinggi, melainkan sebaliknya."

“Pemadaman ini sangat memperkuat organisasi kecil ini, di mana Israel Raya tidak mengaku bertanggung jawab dan menggunakan teknik untuk membunuh penyabot besar," ujar Yehoshua.



Dia menunjukkan, "Target utama badan keamanan Israel di dalam Lions' Den sekarang adalah individu yang membunuh tentara di Givati Company, Ido Baruch. Dia belum ditangkap, sejauh ini, dan akunnya belum ditutup."



“Melakukan pembunuhan menunjukkan kemampuan infiltrasi intelijen yang membuat organisasi Lions' Den kehilangan rasa aman, dalam upaya memancing rasa penganiayaan dan menciptakan kesulitan bagi organisasi untuk melakukan operasi," ujar dia.

Dia menambahkan, "Metode likuidasi adalah eskalasi dalam dunia pembunuhan, dan ada manfaat dari itu dalam mengurangi bahaya bagi kehidupan tentara. Organisasi mengancam untuk membalas dendam, dan tentara Israel dikerahkan di Nablus, tetapi ketakutannya adalah bahwa anggota Lions' Den akan membangun sel serupa di kota-kota di Tepi Barat melalui jejaring sosial."



Sementara itu, terlepas dari pembunuhan itu, upaya Israel membasmi organisasi itu hampir tidak selesai.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More