2 Kelompok Teroris yang Pernah Membajak Pesawat

Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:05 WIB
2 Kelompok Teroris yang Pernah Membajak Pesawat. FOTO/Reuters
JAKARTA - Teroris adalah individu ataupun kelompok yang melakukan penyerangan untuk membangkitkan perasaan teror terhadap sekelompok masyarakat. Biasanya, aksi terorisme yang disebabkan oleh seorang teroris itu tidak mengikuti tata cara dalam peperangan. Misalnya, dalam waktu pelaksanaannya yang secara tiba-tiba, sehingga menargetkan siapa saja untuk menjadi korbannya.

Istilah teroris menurut para ahli adalah individu yang tidak tergabung dalam Angkatan Bersenjata. Dengan begitu, aksinya kadang penuh dengan berbagai makna yang bisa disimpulkan bawa serangan yang dilakukan oleh mereka tidak berperikemanusiaan dan hal inilah yang menyebabkan seorang teroris layak mendapatkan hukuman yang seimbang dengan korban.

Aksi dilakukan seorang teroris yang pernah membajak pesawat akan kita bahas di berita ini, simak pembahasannya dibawah ini.



1. 5 Orang Teroris “Kelompok Komando Jihad” di Pesawat Garuda Indonesia DC-9 Woyla



Kejadian terorisme yang terjadi di sebuah penerbangan maskapai Garuda Indonesia, dari Bandara Sipil Talangbetutu, Palembang ke Bandara Polonia Medan. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 28 Maret 1981 oleh lima orang komplotan teroris. Seorang pemimpinnya bernama Imran bin Muhammad Zein yang mengenalkan dirinya sebagai seorang anggota kelompok “Komando Jihad”.

Penerbangan pesawat Garuda Indonesia ini berangkat dari Jakarta sekitar jam 08.00 pagi untuk transit di Palembang dan perkiraan berangkat ke Medan sekitar pukul 10.55. Di dalam penerbangan itu, kelima teroris tersebut menyamar sebagai seorang penumpang. Pemimpin kelompok teroris, Imran bin Muhammad Zein, segera melakukan kegiatan teror ini dan menuntut agar pada rekan mereka yang disandera pasca peristiwa Cicendo yang ada di Bandung, Jawa Barat untuk segera dibebaskan.

Setelah kejadian itu terjadi, anggota dari Komando Jihad ini ditahan dan diancam oleh hukuman mati. Peristiwa ini menjadi peristiwa pertama yang dilakukan oleh sekelompok teroris dengan motif “Jihad”, namun sayangnya kejadian ini menimpa Indonesia dan menjadi sasaran untuk maskapai penerbangan Indonesia.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More