#BukanBeritaBiasa
home amerika

Terungkap, Jet Tempur Siluman F-35 AS Tak Bisa Terbang saat Badai Petir

Sabtu, 27 Juni 2020 - 08:09 WIB
Beberapa pesawat jet tempur siluman F-35A terbang dari Pangkalan Udara Hill di Utah, Amerika Serikat. Foto/US Air Force
Varian jet tempur siluman F-35A Joint Strike Fighter (JSF) buatan Amerika Serikat (AS) yang paling banyak digunakan saat ini tidak dapat terbang dalam kondisi badai petir.

Produsennya, Lockheed Martin, mengatakan kondisi itu terungkap setelah ditemukan kerusakan pada salah satu sistem yang digunakannya untuk melindungi diri dari petir.



Untuk terbang dengan aman dalam kondisi badai petir, F-35 bergantung pada Onboard Inert Gas Generation System atau OBIGGS yang memompa udara yang diperkaya nitrogen ke dalam tangki bahan bakar untuk mematikannya. Tanpa sistem ini, jet tempur generasi kelima yang terkenal mahal dan canggih bisa meledak jika disambar petir. (Baca: Jet Tempur Siluman F-35 AS Senilai Rp1,3 Triliun Jatuh di Florida )

Namun, kerusakan pada salah satu tabung yang mendistribusikan gas inert ke tangki bahan bakar ditemukan selama pemeliharaan depot rutin F-35A di Kompleks Logistik Ogden Pangkalan Angkatan Udara Hill di Utah. Demikian dipaparkan Lockheed Martin dalam dalam sebuah pernyataan yang dirilis hari Rabu.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
tulis komentar anda
Saksikan juga video pilihan berikut :
Topik Terkait :
jet tempur jet tempur siluman f35 amerika serikat militer petir
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya