Tentara AS dan Lebanon Gelar Latihan Penanggulangan Ranjau

Minggu, 17 Juli 2022 - 16:18 WIB
Tentara AS dan Lebanon Gelar Latihan Penanggulangan Ranjau. FOTO/Cetcom
BEIRUT - Komando Pusat Angkatan Laut Amerika Serikat (NAVCENT) dan Angkatan Bersenjata Lebanon (LAF) menggelar latihan maritim bilateral Resolute Union 2022. Latihan tahunan itu digelar di pantai Lebanon dan berlangsung selama dua pekan sejak Selasa (12/7/2022).

Latihan Resolute Union terutama mencakup penanggulangan ranjau (MCM), operasi keamanan maritim dan pembuangan persenjataan bahan peledak. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas dan kemampuan timbal balik antara Lebanon dan pasukan AS.



“Ini adalah kesempatan bagus untuk bekerja dengan mitra Lebanon kami yang berkemampuan tinggi dan memperkuat hubungan kami. Bekerja bersama meningkatkan keamanan dan stabilitas regional,” kata Komandan Armada Kelima AS dan Pasukan Maritim Gabungan (CMF) Wakil Laksamana Brad Cooper.

Latihan gabungan ini melibatkan partisipasi sekitar 60 personel dari pasukan AS, termasuk Korps Marinir (USMC), Angkatan Laut, Angkatan Darat dan Penjaga Pantai (USCG).



“Selama 22 tahun, latihan Resolute Union telah membangun kolaborasi antara angkatan bersenjata kami dan memastikan LAF siap untuk melaksanakan misi mereka,” kata Duta Besar AS untuk Lebanon Dorothy Shea, seperti dikutip dari Naval-Technology, Sabtu (16/7/2022).



“Terlepas dari semua tantangan yang dihadapi LAF tahun ini dalam konteks krisis ekonomi Lebanon, mereka telah menunjukkan komitmen yang luar biasa dan AS akan terus menawarkan dukungan penuh kami untuk semua upaya mereka,” lanjutnya.

Komando tentara Lebanon telah mengumumkan bahwa mereka mengambil bagian dalam Resolute Union 2022. “Operasi itu diadakan sebagai bagian dari pertukaran keahlian dan pelatihan bersama dengan tim khusus," sebut pernyataan Militer Lebanon, seperti dikutip dari Arab News.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More