Taiwan Tidak Ingin Menutup Pintu untuk China

Minggu, 12 Juni 2022 - 18:23 WIB
Taiwan Tidak Ingin Menutup Pintu untuk China. FOTO/Reuters
TAIWAN - Taiwan tidak ingin menutup pintu ke China dan bersedia terlibat dalam semangat niat baik, tetapi atas dasar kesetaraan dan tanpa prasyarat politik. Hal itu diungkapkan Perdana Menteri Su Tseng-chang, Minggu (12/6/2022).

Hubungan antara Taipei dan Beijing, yang mengklaim Taiwan memerintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri, berada pada titik terendah dalam beberapa dekade. China meningkatkan tekanan politik dan militer untuk membuat pulau itu menerima kedaulatannya.



Sebelumnya pada hari Minggu di KTT keamanan Dialog Shangri-La di Singapura, Menteri Pertahanan China mengatakan, pemerintah China mencari "penyatuan kembali secara damai" dengan Taiwan, tetapi mencadangkan "opsi lain".

Berbicara kepada wartawan setelah China melarang impor ikan kerapu dari Taiwan dengan alasan keamanan, sebuah langkah yang disebut Taipei bermotivasi politik, Su mengatakan Taiwan selalu memiliki niat baik terhadap China.



"Selama ada kesetaraan, timbal balik dan tidak ada prasyarat politik, kami bersedia untuk terlibat dalam niat baik dengan China," katanya, mengulangi posisi Presiden Tsai Ing-wen telah berulang kali dibuat di depan umum.



"Adapun pelecehan China terhadap Taiwan dengan pesawat militer, kapal perang, penindasan yang tidak masuk akal dan tindakan politik, yang paling tidak masuk akal adalah China," tambahnya, seperti dikutip dari Reuters.

"Taiwan tidak ingin menutup pintu ke China. China telah menggunakan berbagai cara untuk menindas dan memperlakukan Taiwan secara tidak wajar," tambahnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More