Gara-gara Rusia Invasi Ukraina, 9 Negara Desak NATO Perkuat Eropa Timur

Sabtu, 11 Juni 2022 - 00:20 WIB
Dalam percakapan telepon dengan Presiden Polandia pada hari Rabu, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat terhadap keamanan sayap timur NATO dan berharap pertemuan di Bucharest akan berhasil.

Pada 2017, NATO mengerahkan kelompok tempur multinasional di negara-negara Baltik dan Polandia untuk menghalangi Rusia. Setelah invasi Rusia ke Ukraina pada bulan Februari, aliansi militer tersebut mengirim bala bantuan ke sana.

Bulan lalu, Wakil Sekjen NATO Mircea Geoana mengatakan bahwa aliansi tidak lagi terikat oleh komitmen masa lalu untuk menahan diri dari mengerahkan pasukan di Eropa timur.

"Moskow telah membatalkan konten apa pun dalam Undang-Undang Pendiri NATO-Rusia dengan menyerang Ukraina dan menghentikan dialog dengan aliansi tersebut," kata Geoana kepada AFP.

Di bawah Undang-Undang Pendiri NATO-Rusia 1997, yang dimaksudkan untuk mengatur ulang hubungan antara Rusia dan NATO, kedua belah pihak sepakat untuk bekerja untuk mencegah penumpukan kekuatan konvensional yang berpotensi mengancam di wilayah Eropa yang disepakati, termasuk Eropa Tengah dan Timur.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(min)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More