Biodata dan Agama Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov

Jum'at, 03 Juni 2022 - 15:13 WIB
Usai lulus, Lavrov langsung bekerja di kantor Kedubes Uni Soviet di Sri Lanka. Karier Lavrov semakin menanjak dan menduduki beberapa posisi penting lainnya.

Di antaranya, Sekretaris dan Penasihat Senior untuk Misi Soviet di PBB (1981-1988), Kepala Departemen Organisasi Internasional Kemenlu Rusia (1990-1992), Wakil Menteri Luar Negeri (1992-1994), dan Menteri Luar Negeri (sejak 2004 hingga saat ini).

Panjangnya masa jabatan Lavrov menjadikan ia sebagai salah satu anggota kabinet di Rusia yang paling lama menjabat.

Lavrov seharusnya sudah memasuki masa pensiun karena usianya yang telah menginjak 70 tahun.

Meskipun sudah tergolong berada di fase usia lanjut, namun publik Rusia dan internasional masih memadang Lavrov sebagai sosok lincah dan produktif.

Saat memberikan keterangan atau membuat sebuah kebijakan, Lavrov terkenal dengan ekspresinya yang selalu terlihat marah.

Sehingga, banyak orang menyebutnya sebagai Mr Nyet atau “Tuan Tidak”. Julukan ini sebenarnya telah lebih dahulu disematkan kepada pejabat Soviet lain yang juga keras kepala, Andrei Gromyko.

Lavrov menikahi Maria Lavrova di tahun 1971 dan dikaruniai 1 orang anak. Kehidupan pribadinya jarang terekspos, termasuk masalah keyakinan yang dianutnya.

Ia enggan membicarakannya di depan publik. Melansir France 24, Lavrov yang merupakan seorang perokok pernah mengajukan petisi mengenai tentangan terhadap larangan merokok di Gedung PBB.

Hampir tidak pernah ada kalimat humor yang keluar dari miliknya. Setidaknya, itulah kesan yang ia tonjolkan jika berada di depan umum.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More