Odesa Ukraina Dihujani Rudal setelah Rusia Peringati Hari Kemenangan PD II

Selasa, 10 Mei 2022 - 19:13 WIB
Bangunan di Odesa, Ukraina, hancur oleh serangan rudal sehari setelah Rusia memperingati Hari Kemenangan Perang Dunia II. Foto/Layanan Darurat Negara Ukraina via REUTERS
KIEV - Sejumlahbangunan di Odesa, Ukraina , hancur dihujani rudal pada Selasa (10/5/2022). Serangan ini terjadi sehari setelah pasukan Moskow merudal pelabuhan Ukraina selatan dan Presiden Rusia Vladimir Putin memimpin perayaan Hari Kemenangan Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia (PD) II.

Sementara Putin diam tentang rencana untuk setiap eskalasi di Ukraina, tidak ada kata menyerah dalam pertempuran dengan dorongan baru oleh pasukan Rusia pada hari Senin untuk mengalahkan pasukan Ukraina terakhir yang bertahan di pabrik baja di Mariupol yang hancur.

“Anda berjuang untuk Tanah Air, untuk masa depannya, sehingga tidak ada yang melupakan pelajaran dari Perang Dunia II. Sehingga tidak ada tempat di dunia untuk algojo, pengejar dan Nazi," kata Putin dalam pidatonya.



Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dalam pidatonya sendiri, berjanji bahwa Ukraina akan menang.



“Pada Hari Kemenangan atas Nazisme, kami berjuang untuk kemenangan baru. Jalan menuju itu sulit, tetapi kami tidak ragu bahwa kami akan menang,” kata Zelensky.

Di Odesa, pelabuhan utama Laut Hitam untuk mengekspor produk pertanian, satu orang tewas dan lima orang terluka ketika tujuh rudal menghujani pusat perbelanjaan dan depot. Demikian disampaikan Angkatan Bersenjata Ukraina di halam Facebook-nya seperti dikutip Reuters.

Rekaman video dari tempat kejadian menunjukkan petugas pemadam kebakaran dan penyelamat menyisir tumpukan puing yang menyiram puing-puing yang masih berasap.

Ukraina produsen jagung dan gandum utama dan sekutunya telah mengintensifkan upaya untuk membuka blokir pelabuhan atau menyediakan rute alternatif untuk mengekspor biji-bijian, gandum, dan jagung.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More