Koki Turki Coba Kirim Kebab Spesial ke Luar Angkasa

Jum'at, 15 April 2022 - 05:07 WIB
Koki Turki Coba Kirim Kebab Spesial ke Luar Angkasa. FOTO/Twitter
ANKARA - Seorang koki di Turki meluncurkan kebab ke stratosfer pada Selasa (12/4/2022), bertepatan dengan Hari Penerbangan Manusia Internasional yang menandai peringatan ke-61 penerbangan luar angkasa manusia pertama yang dilakukan oleh kosmonot Soviet, Yuri Gagarin.

Menurut laporan Daily Sabah, Yasar Aydin - yang memiliki restoran kebab, dan pengusaha lokal dan mahasiswa teknik luar angkasa Idris Albayrak meluncurkan kebab Adana ke stratosfer, menjadi "ekspor pertama ke luar angkasa" Turki.



Varian "pipa" dari kebab seperti yang dikenal adalah hidangan trendi baru di provinsi Adana selatan, di mana kebab pedas dan hati dibungkus dengan pipa baja, bukan tusuk sate tradisional agar lebih segar.

Menggunakan balon cuaca helium dan kotak khusus yang dilengkapi dengan kamera dan alat pelacak, keduanya meluncurkan piringan ke langit Adana, yang dilaporkan mencapai sekitar 38 kilometer sebelum jatuh ke laut lepas pantai Hatay, sekitar 121 kilometer dari situs peluncuran. Kebab diambil dari laut, sebagian besar utuh.



"Saya pikir alien mengirimnya kembali karena terlalu banyak lada. Saya akan mengirim hidangan dengan lebih sedikit lada lain kali," canda Aydin ketika dia mengambil kotak itu, seperti dikutip dari Middle East Monnitor, Kamis (14/4/2022).

Ia mengaku akan melanjutkan usahanya untuk menembakkan hidangan terkenal itu lebih jauh ke luar angkasa. "Saya senang untuk mempromosikan kota kami dan masakan kami. Saya senang menjadi yang pertama dalam sesuatu," katanya kepada wartawan yang menyaksikan peluncuran itu.



Dalam berita luar angkasa lainnya, misi bulan Turki AYAP-1 telah berhasil menguji sistem hybrid boosting (HIS) yang diumumkan Badan Antariksa Turki (TUA) kemarin.

Turki berencana untuk mengirim penjelajah ke bulan pada akhir dekade ini, menggunakan mesin roket yang dikembangkan oleh perusahaan Turki Delta V Space Technologies yang pertama kali akan terbang ke bulan dalam misi uji coba tahun depan.

Misi tersebut merupakan bagian dari program luar angkasa sepuluh tahun yang lebih luas yang diresmikan oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan tahun lalu.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(esn)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More