Azerbaijan Mengaku Siap Gelar Pembicaraan Damai dengan Armenia

Rabu, 30 Maret 2022 - 15:27 WIB
Azerbaijan Mengaku Siap Gelar Pembicaraan Damai dengan Armenia. FOTO/Reuters
BAKU - Azerbaijan mengatakan pihaknya siap untuk pembicaraan damai dengan Armenia , setelah Yerevan mendesak Baku untuk merundingkan perjanjian damai yang komprehensif di tengah ketegangan baru atas Nagorno-Karabakh.

“Jika Armenia serius dengan kesepakatan damai, maka langkah-langkah konkrit harus dilakukan. Kami ulangi bahwa Azerbaijan siap untuk ini,” kata Kementerian Luar Negeri Azerbaijan dalam sebuah pernyataan, Selasa (29/3/2022), seperti dikutip dari AFP.



Kementerian Luar Negeri Azerbaijan juga menyatakan, pihaknya telah mengusulkan agar kedua negara mengadakan pembicaraan damai setahun yang lalu.

Pada tahun 2020, Armenia dan Azerbaijan berperang memperebutkan daerah kantong Nagorno-Karabakh yang telah lama diperebutkan yang merenggut lebih dari 6.500 nyawa.



Kesepakatan gencatan senjata yang ditengahi oleh Presiden Rusia Vladimir Putin membuat Armenia menyerahkan sebagian besar wilayah ke Azerbaijan, dan Moskow mengerahkan kontingen penjaga perdamaian ke wilayah pegunungan.



Pekan lalu, Yerevan dan Moskow menuduh Baku melanggar gencatan senjata di zona tanggung jawab kontingen Rusia. Mereka menuduh pasukan Azeri merebut desa Farukh di wilayah Askeran di Karabakh, di mana tiga tentara Armenia tewas dalam baku tembak pekan lalu.

Baku menolak tuduhan itu, bersikeras bahwa daerah itu adalah bagian dari wilayahnya yang diakui secara internasional. Pada hari Senin, Dewan Keamanan Armenia menuduh Azerbaijan “mempersiapkan lahan untuk provokasi baru dan serangan terhadap Nagorno-Karabakh.”
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More