Jurnalis Ukraina Bentak PM Inggris: Anda Tak Datang ke Kiev karena Takut Perang!

Rabu, 02 Maret 2022 - 05:30 WIB
Jurnalis Ukraina Daria Kaleniuk bentak PM Inggris Boris Johnson karena Barat tak berbuat banyak menolong Ukraina dari invasi Rusia. Foto/Express.co.uk
WARSAWA - Seorang jurnalis perempuan asal Ukraina membentak Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson setelah frustrasi atas kurangnya tindakan Barat menolong Kiev dari invasi Rusia. PM Johnson bahkan disebut takut perang karena tak berani datang ke Kiev.

Jurnalis bernama Daria Kaleniuk awalnya memohon dengan emosional kepada Johnson untuk menerapkan zona larangan terbang di atas Ukraina. Namun, pemimpin Inggris itu menolak.

Johnson mengatakan dia tidak dapat menerapkan zona larangan terbang karena akan membuat Inggris dan NATO menembak jatuh pesawat Rusia—sebuah langkah yang menurut para ahli akan memicu reaksi dari Presiden Vladimir Putin yang akan mengarah pada Perang Dunia III.



Kaleniuk, yang berasal dari Kiev tetapi melintasi perbatasan ke Polandia, mengatakan kepada Johnson tentang "ketakutan mendalam" yang dirasakan perempuan dan anak-anak Ukraina karena bom dan rudal yang berjatuhan dari langit.



"Anda datang ke Polandia, Anda tidak datang ke Kiev," katanya, seperti dikutip ITV, Rabu (2/3/2022)."Karena Anda takut, karena NATO tidak mau membela, karena NATO takut akan Perang Dunia III, tetapi itu sudah dimulai."

Kaleniuk, yang merupakan direktur eksekutif organisasi masyarakat sipil Anti-Corruption Action Centre, menambahkan: "Rakyat Ukraina mati-matian meminta hak untuk melindungi langit kami, kami meminta zona larangan terbang-apa alternatif untuk zona larangan terbang?"

Johnson menjawab: "Saya sangat sadar bahwa tidak cukup yang dapat kita lakukan, sebagai pemerintah Inggris, untuk membantu dengan cara yang Anda inginkan dan saya harus jujur tentang itu."

“Ketika Anda berbicara tentang zona larangan terbang, seperti yang saya katakan kepada (Presiden Ukraina) Volodymyr Zelensky beberapa kali, sayangnya implikasinya adalah Inggris akan terlibat dalam menembak jatuh pesawat Rusia, itu akan terlibat dalam pertempuran langsung dengan Rusia," katanya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More