Raja Salman Tetapkan 22 Februari Hari Pendirian, Ini Sekilas Riwayat Kerajaan Saudi

Jum'at, 28 Januari 2022 - 20:19 WIB
Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud tetapkan 22 Februari sebagai Hari Pendirian mengacu pada hari berdirinya Negara Saudi Pertama. Foto/REUTERS
RIYADH - Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud mengeluarkan dekrit kerajaan yang menyatakan Arab Saudi akan menandai "Hari Pendirian" setiap tahun pada 22 Februari. Tanggal itu juga menjadi hari libur resmi di seluruh negeri.

Mengutip laporan dari Saudi Press Agency (SPA), Jumat (28/1/2022), dekrit Raja Salman tersebut dikeluarkan hari Kamis kemarin.

“Mempertimbangkan bahwa pertengahan tahun 1139H, bertepatan dengan bulan Februari tahun 1727, menandakan dimulainya pemerintahan Imam Muhammad bin Saud,” bunyi laporan SPA, menggambarkan berdirinya negara Arab Saudi.



Otoritas terkait, lanjut SPA, akan menerima informasi lebih lanjut untuk menerapkan liburan baru.



Sejarah Singkat

Keputusan untuk memperingati "Hari Pendirian" pada tanggal 22 Februari sudah ada sejak tiga abad. Menurut SPA, itu dimulai sejak kepemimpinan Imam Muhammad bin Saud ketika ia mendirikan Negara Saudi Pertama pada awal 1727.

"Pemerintahannya berlangsung hingga 1818, dengan Diriyah sebagai ibu kotanya dan Alquran dan Sunnah Nabi Muhammad (SAW) sebagai konstitusinya," lanjut laporan SPA.

Negara Saudi Pertama dilaporkan selamat dari beberapa fase kesulitan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More