Canggihnya Jet Tempur Siluman Checkmate Rusia Tanpa Pilot, Ini Videonya

Selasa, 16 November 2021 - 07:16 WIB
Video rendering jet tempur siluman Sukhoi Su-75 Rusia dengan nama kode Checkmate. Foto/Screenshot Russia Today
MOSKOW - Perusahaan pengembangan senjata negara Rusia mengumumkan sedang mengerjakan jet tempur siluman Checkmate tak berawak atau tanpa pilot yang canggih. Varian dari jet tempur baru ini nantinya dapat terbang di atas awan dan menyelubungi diri dari pertahanan musuh, sambil dikendalikan oleh keamanan darat.

Dalam teaser mencolok yang dirilis pada hari Senin, Rostec dan raksasa kedirgantaraan Rusia; UAC, memamerkan rendering generasi kelima Sukhoi Su-75 dengan nama kode "Checkmate".



Varian jet siluman, kata dua perusahaan itu, akan tersedia tanpa kokpit. Sebagai gantinya, komputer onboard-nya akan memungkinkannya terbang secara mandiri, menghilangkan risiko pilot terlatih ditangkap atau terbunuh.

"Seorang profesional tidak membutuhkan palu—seorang profesional membutuhkan pisau bedah," kata seorang perwira militer Rusia dalam video tersebut.



"Ini bukan hanya pesawat lain dari generasi kelima—ini adalah Checkmate," lanjut dia, seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (16/11/2021).

Pada bulan Juli, para insinyur senjata mengungkapkan versi berawak dari Sukhoi Su-75, yang memiliki bentuk yang mirip dengan F-35 Amerika tetapi disebut lebih murah dan lebih canggih.

Pesawat tempur bermesin tunggal itu akan mampu terbang hampir dua kali lebih cepat dari kecepatan suara dan menutupi dirinya dari pertahanan darat dan radar.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More