Brand Kopi asal Indonesia Tembus Pasar Kawasan Balkan Eropa untuk Pertama Kalinya

Rabu, 10 November 2021 - 19:20 WIB
Pihak perusahaan Kroasia, ICCA d.o.o., bersama pihak KBRI Zagreb usai penandatanganan MoU secara hybrid dengan perusahaan kopi Indonesia, Citra Usaha Anugerah Nikmatindo. Foto/KBRI Zagreb
ZAGREB - Salah satu brand kopi asal Indonesia , “Nikmat Coffee Indonesia”, akhirnya berhasil menembus pasar di kawasan Balkan Eropa. Ini ditandai dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) antara perusahaan kopi Citra Usaha Anugerah Nikmatindo dengan perusahaan Kroasia ICCA d.o.o.

Penandatanganan MoU dilakukan secara hybrid. Pihak perusahaan Kroasia, ICCA d.o.o., melakukan penandatanganan secara langsung di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Zagreb, sedangkan perusahaan Citra Usaha Anugerah Nikmatindo yang menaungi brand “Nikmat Coffee Indonesia” melakukan penandatanganan secara langsung di Indonesia yang disaksikan bersama melalui zoom meeting.



Menurut Kuasa Usaha (KUAI) KBRI Zagreb, Elbanita Ruru, penandatanganan MoU untuk ekspor kopi Indonesia ini merupakan bukti bahwa diplomasi ekonomi KBRI Zagreb tidak berhenti di masa pandemi COVID-19.





Dengan ditandatanganinya MoU ini, kopi dengan brand Indonesia untuk pertama kalinya akan menembus pasar negara-negara di kawasan Balkan Eropa, yang mencakup Kroasia, Bosnia dan Herzegovina, Albania, Bulgaria, Makedonia Utara, Montenegro hingga ke Turki.

“Ini untuk pertama kalinya kopi Indonesia akan tembus pasar negara Balkan dengan merk asli kopi Indonesia. Jadi Indonesia tidak lagi hanya menjual biji kopi mentah ke Eropa saja, namun betul-betul akan melakukan ekspor produk jadi kopi Indonesia ke Eropa,” kata Elbanita Ruru dalam keterangan pers KBRI Zagreb yang diterima SINDOnews.com, Rabu (10/11/2021).



Penandatanganan MoU yang dilakukan Maurice Manurung selaku Direktur Utama Citra Usaha Anugerah Nikmatindo dan Ivan Filipovic selaku Direktur Sales ICCA d.o.o ini memiliki potensi ekspor senilai USD1,05 juta per tahun.

Pihak ICCA d.o.o dalam 3 tahun ke depan akan melakukan pemesanan kopi dengan brand “Nikmat Coffee Indonesia” sedikitnya 100 ton setiap tahunnya.

“Keberhasilan penandatanganan MoU untuk ekspor kopi Indonesia ini diharapkan dapat mendorong perusahaan lain di Indonesia untuk dapat melirik potensi pasar negara-negara di kawasan Balkan, khususnya Kroasia,” ujar Elbanita Ruru.

Elbanita Ruru menambahkan, KBRI Zagreb akan terus mendorong pelaksanaan diplomasi ekonomi di Kroasia yang dapat menjadi pintu masuk ekspor Indonesia di negara-negara kawasan Balkan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(min)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More