Pesawat Terakhir AS Hengkang, Perang Afghanistan Berakhir

Selasa, 31 Agustus 2021 - 07:12 WIB
Para pengungsi antre menaiki Boeing C-17 Globemaster III AS selama evakuasi di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, 23 Agustus 2021. Foto/US Marine Corps/Sgt. Isaiah Campbell
KABUL - Tiga pesawat angkut militer terakhir Amerika Serikat (AS) telah meninggalkan Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul tepat sebelum batas waktu 31 Agustus. Hengkangnya penerbangan terakhir Amerika ini resmi mengakhiri perang di Afghanistan yang sudah hampir 20 tahun.

Komando Pusat (CENTCOM) AS mengonfirmasi bahwa Washington secara resmi telah mengakhiri penarikan Amerika dari Afghanistan.



Komandan CENTCOM Jenderal Kenneth McKenzie mengatakan pesawat angkut C-17 Globemaster terakhir lepas landas dari Kabul pada Senin pukul 15.29 waktu Pantai Timur AS. "Ini penyelesaian penarikan kami dari Afghanistan," katanya.

Dengan keberangkatan penerbangan militer terakhir AS, Jenderal McKenzie mengatakan setiap anggota militer AS kini telah meninggalkan Afghanistan.



Namun, dia mengakui bahwa AS tidak berhasil mengevakuasi semua orang yang diinginkannya.

Para jurnalis yang bertugas di Afghanistan ramai-ramai melaporkan berakhirnya perang panjang Amerika di negara itu.

"Perang berlangsung 19 tahun, 10 bulan dan 25 hari,"kata koresponden Russia Today, Murad Gazdiev, yang melaporkan dari Kabul, Selasa (31/8/2021).

"Perang sudah berakhir. Pasukan terakhir Amerika baru saja meninggalkan bandara Kabul. Taliban menang."
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More