Rebut Kota Zaranj, Taliban Parade dengan Humvee Buatan AS

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 15:31 WIB
Kelompok Taliban parade dengan Humvee buatan Amerika Serikat setelah merebut kota Zaranj, Afghanistan, Jumat (6/8/2021). Foto/Twitter @fahimabed/@Hamza_abid3
KABUL - Para militan Taliban melakukan parade dengan kendaraan Humvee buatan Amerika Serikat (AS) setelah merebut kota Zaranj, Ibu Kota Provinsi Nimroz, barat daya Afghanistan. Kelompok pemberontak itu juga pamer berbagai senjata buatan Amerika.

Saat parade di jalan-jalan, mereka mengibarkan bendera khas Taliban di atap kendaraan militer.



Polisi Zaranj mengatakan pada hari Jumat bahwa Taliban menguasai bandara Zaranj dan gedung administrasi provinsi. Kota ini adalah ibu kota provinsi pertama di Afghanistan yang berhasil direbut oleh kelompok tersebut sejak 2016.

Dalam perkembangan terpisah pada hari Jumat, Taliban dilaporkan merebut kota Shabarghan, Ibu Kota Provinsi Jowzjan. Namun, laporan dari media lokal tersebut belum bisa diverfikasi secara independen.



Perkembangan itu terjadi ketika Duta Besar Afghanistan untuk PBB Ghulam Isaczai mengatakan bahwa Kabul mengharapkan Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan segera untuk mencegah pelanggaran hak asasi manusia lebih lanjut yang dilakukan oleh Taliban di negara itu.

Dia menambahkan pemerintah Afghanistan benar-benar yakin bahwa tentaranya akan mampu menahan tekanan tambahan dari Taliban.

Juga pada hari Jumat, Penasihat Senior AS untuk Urusan Politik Khusus Jeffrey DeLaurentis menekankan Washington menolak tindakan Taliban mengambil alih kota-kota di Afghanistan."Para militan Taliban harus mendengar dari komunitas internasional bahwa kami tidak akan menerima pengambilalihan militer atas Afghanistan, atau kembalinya Imarah Islam Taliban," katanya yang dilansir Sputniknews, Sabtu (7/8/2021).

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More