Pertama Kali dalam Sejarah, Turki Ekspor Drone ke Anggota NATO dan UE

Selasa, 25 Mei 2021 - 13:47 WIB
Drone Bayraktar TB2 terlihat di Istanbul, Turki. Foto/Anadolu
ANKARA - Turki akan mengekspor pesawat tak berawak (UAV/drone) ke Polandia . Ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah Turki mengekspor drone ke negara anggota NATO dan Uni Eropa (UE).

"Dengan langkah-langkah yang telah kami ambil dalam 19 tahun terakhir (dalam industri pertahanan), kami tidak hanya meniadakan tahun-tahun kelalaian, tetapi juga membawa negara kami ke liga raksasa di bidang ini," ungkap Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Polandia Andrzej Duda yang melakukan kunjungan resmi ke ibu kota Turki, Ankara.

Menteri Pertahanan (Menhan) Polandia Mariusz Blaszczak telah mengumumkan pada Sabtu bahwa negaranya akan membeli 24 drone Bayraktar TB2 dari Turki.



Erdogan menggarisbawahi bahwa Turki dan Polandia "berjalan tegas" untuk mencapai target USD10 miliar dalam volume perdagangan bilateral.





"Turki, sebagai bagian dari misi pengawasan Udara Baltik NATO, akan segera mengerahkan jet F-16 di Polandia," tambah dia.



Erdogan memuji pengiriman pesawat patroli maritim Polandia dan misi militer ke pangkalan udara Incirlik di Turki selatan di bawah langkah-langkah jaminan NATO yang diadaptasi ke Ankara.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More