Lokasi Terpapar Radioaktif Tertinggi, Paling Parah di Fukushima

Sabtu, 16 Januari 2021 - 11:24 WIB
Ilustrasi foto/SINDOnews/Masyhudi
SELAIN ledakan, kehidupan sehari-hari manusia tidak pernah lepas dari paparan radiasi. Radiasi itu bisa berasal dari benda-benda sekitar kita atau dari sinar matahari. Semua itu masih dalam konsentrasi normal sehingga tidak mengganggu kesehatan. Berikut sejumlah tempat yang memiliki konsentrasi radioaktif melebihi batas wajar dan

membahayakan bagi kesehatan manusia.

1. Fukushima, Jepang



Gempa bumi dan tsunami 2011 adalah tragedi yang menghancurkan rumah-rumah dan kehidupan, tetapi efek dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima mungkin yang paling berbahaya dan paling tahan lama dampaknya.



Kecelakaan nuklir terburuk sejak Chernobyl (Ukraina), insiden Fukusima menyebabkan krisis pada tiga dari enam reaktor di Jepang. Kebocoran radiasi mengarah ke daerah sekitarnya dan laut, sehingga materi radiasi telah terdeteksi sejauh 200 km dari pabrik. (Baca: Jejak 10 Pemimpin Dunia Jinakkan Lawan Politik)

Sebagai insiden dan konsekuensi yang masih berlangsung, skala sebenarnya dari dampak lingkungan masih belum diketahui. Dunia mungkin masih merasakan dampak dari bencana ini untuk generasi akan datang.

2. Chernobyl, Ukraina

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More