Kapal Induk China Mendekat, Taiwan Kerahkan 6 Kapal Perang dan 8 Pesawat

Senin, 21 Desember 2020 - 06:32 WIB
Kapal induk kedua China, Shandong, saat berada di pelabuhan Angkatan Laut Sanya, China. Foto/Xinhua/Li Gang
TAIPEI - Kapal induk Shandong bersama empat kapal perang China bermanuver dengan melewati Selat Taiwan yang sensitif pada hari Minggu. Militer Taipei pun bereaksi dengan mengerahkan enam kapal perang dan delapan pesawat Angkatan Udara.

Aksi kelompok tempur kapal induk Shandong terjadi sehari setelah kapal perang AS transit di jalur air yang sama.

(Baca juga : Bank Sentral Indonesia dan Thailand Perkuat Kerja Sama: Bye-Bye Dolar! )

Meskipun ini bukan pertama kalinya kapal induk China mendekati Taiwan, namun manuver kemarin terjadi pada saat ketegangan yang meningkat antara Taipei dan Beijing. China sampai saat ini tetap mengklaim pulau Taiwan yang sudah memerintah sendiri secara demokratis itu sebagai wilayahnya. (Baca: China Buntuti Kapal Perang Amerika Serikat di Selat Taiwan )

Taiwan telah mengeluhkan aktivitas militer China yang berulang kali, termasuk menerbangkan pesawat Angkatan Udara secara reguler di dekat pulau itu. Militer Beijing mengatakan latihan semacam itu ditujukan untuk melindungi kedaulatan negara.



Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, kapal induk Shandong—yang secara resmi ditugaskan hampir tepat satu tahun lalu—disertai dengan empat kapal perang telah berangkat dari pelabuhan Dalian di China utara sejak Kamis pekan lalu.

Setelah melewati Selat Taiwan yang sempit pada hari Minggu, kelompok tempur kapal induk itu melanjutkan ke arah selatan. (Baca juga: Taiwan Luncurkan Kapal Perang Canggih, Merasa Mampu Pasok Senjata ke Barat )

Kementerian Pertahanan China tidak segera menanggapi permintaan komentar.

China sebelumnya mengatakan bahwa perjalanan semacam itu oleh kapal induknya melalui Selat Taiwan adalah misi rutin, sering kali dalam perjalanan untuk latihan tempur di Laut China Selatan yang disengketakan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More