Ini Kekayaan Ragam Corak Batik Indonesia

Selasa, 06 Oktober 2020 - 22:11 WIB
Beberapa meter dari jalan masuk, berbagai motif batik terlukis indah di samping kanan dan kiri tembok bangunan. Coraknya beragam, mulai dari batik Solo, Yogyakarta, Pemalang, Cirebon, dan batik daerah lainnya. Pada salah satu gang, ukiran batik bercorak awan khas Cirebon. Pada gang lainnya, ada batik bergambarkan kesenian khas Jakarta, Ondel-ondel.

Di Kampoeng Batik Palbatu kita dapat temukan beberapa gerai batik, yaitu Rumah Batik Palbatu yang juga berfungi sebagai pusat kegiatan, Gerai Batik Nonna dan Gerai Batik Prasadi. Dan digerai tersebut dihadirkan kain-kain Batik Motif Palbatu dengan beragam corak dan warna, diantaranya adalah motif topeng betawi, motif kembang api dan motif burung gelatik buah rambutan.

Di lokasi ini, para pengrajin juga mengajari para wisatawan proses membatik. Harapannya, para generasi muda mewarisi tradisi batik Jakarta. Kampoeng Batik Palbatu pernah mendapatkan dua penghargaan dari Museum Rekor Indonesia. Para pengrajin batik Jakarta membuat motif batik pada kain 133,9 meter.

Batik Pekalongan



setapaklangkah.com

Daerah lain yang menyimpan kekayaan budaya yaitu Pekalongan dengan Batik Pekalongannya. Batik Pekalongan dikenal sebagai batik paling kaya warna. Batik pesisir ini lebih terkenal dengan ragam hiasnya yang bersifat naturalis serta dimodifikasi dengan variasi warna yang atraktif. Bahkan, dalam sehelai kain batik Pekalongan .kita dapat menjumpai hingga 8 warna yang berani, dan kombinasi yang dinamis. Karakteristik batik pekalongan yang khas adalah motif batik yang lebih banyak dipengaruhi unsur luar.

Motif batik pekalongan memiliki berbagai macam ciri khas. Ada motif batik pekalongan khas India, Persia, Turki, Belanda, Tiongkok, hingga Jepang. Motif batik pekalongan terus berubah mengikuti zaman, misalnya, motif hokokai batik Pekalongan banyak dibuat saat masa penjajahan Jepang. Ada juga motif batik buketan yang terinspirasi dari budaya Belanda. Motif yang paling populer dan terkenal dari Pekalongan adalah motif batik Jlamprang. Motif ini dipengaruhi dari budaya Gujarat.Keunggulan berbagai motif batik yang menyesuaikan budaya pasar ini membuat batik pekalongan banyak diminati sejak dulu.

Menariknya, Batik Pekalongan dikerjakan di rumah-rumah. Sehingga, batik Pekalongan menyatu erat dengan kehidupan masyarakat Pekalongan.

Batik Madura



plat_M

Salah satu batik yang terkenal di Jawa Timur adalah Batik Madura. Salah satu sentra batik di pulau garam ini ada di kota Bangkalan. Batik Madura terkenal dengan warnanya yang mencolok. Warna-warna terang ini mencerminkan karakter orang Madura karena dikenal memang menyukai warna mencolok. Selain motif batik tulis Madura didominasi warna-warna yang cerah dan kuat, batik madura juga didominasi dengan motif tumbuhan dan binatang.

Ada dua jenis batik tulis di Madura, yaitu batik tulis arah timur dan arah barat. Batik arah timur adalah batik tulis yang menggunakan pewarnaan bahan kimia, maka hasil warnanya pun terlihat lebih cerah. Sedangkan untuk batik tulis arah barat menggunakan pewarnaan alam yang dihasilkan dari bahan-bahan seperti daun jati dan daun jambu.

Menariknya, batik tulis yang berasal dari warna alami justru warnanya dapat bertahan sampai ratusan tahun. Makanya kain batik tulis warna alami ini juga paling mahal di antara batik tulis lainnya karena warna yang dihasilkan pun sempurna dan melekat pada kain dengan baik.

Jadi bagaimana, usai pandemik akan mengunjungi kampung batik mana? Yang pasti tetap jalan-jalan #DiIndonesiaAja.

Nah, untuk memeriahkan Hari Batik Nasional ikuti kontes #BatikItuAsyik yang diadakan Pesona Indonesia. Ada 2 macam kontes yang bisa diikuti, yaitu Kontes video kreatif TikTok di @indonesia.travel dan Kontes foto kece di instagram @pesonaid_travel.

Caranya gampang banget!

Syarat untuk ikutan kontes foto:

1. Buat postingan foto di FEEDS Instagram dengan mengenakan batik atau kain tradisional bermotif khas daerah asal

2. Postingan dapat berupa foto/video saat mengenakan pakaian tersebut di momen tertentu

2. Buat caption yang menarik dan selipkan pantun yang menunjukan rasa banggamu saat menggunakan batik atau pakaian tradisional yang bermotif khas dari daerah asalmu

3. Mention @pesonaid_travel dan gunakan hashtag #BatikItuAsyik

4. Mention juga ke 3 orang teman lainnya

Syarat untuk ikutan TikTok Batik Challenge:

1. Bikin kreasi video TikTok sekreatif dan seunik dengan gaya kamu pakai baju batik/ kain tradisional khas Indonesia lainnya

2. Posting di akun TikTok dan buat caption pakai hashtag #BatikItuAsyik

3. Mention akun TikTok @indonesia.travel

4. Durasi video maksimal 60 detik

Periode kontes akan berlangsung 2-16 Oktober 2020

Dapatkan hadiah 3 signature batik eksklusif dan 10 hadiah liburan untuk masing-masing lomba!
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More