Pengumuman Hakim MA di Gedung Putih Diduga Jadi 'Superspreader' Covid-19

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 04:38 WIB
Pengumuman hakim Mahkamah Agung AS di Gedung Putih diduga telah berubah menjadi suprespreader Covid-19. Foto/Thehighlander
WASHINGTON - Pengumuman penunjukkan hakim Mahkamah Agung oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Gedung Putih pada Sabtu pekan lalu diduga telah berubah menjadi superspreader virus Corona.

Dikutip dari Independent, Sabtu (3/10/2020), hampir tidak ada yang terlihat mengenakan masker saat pengumuman penunjukkan Amy Coney Barrett sebagai Hakim MA di Taman Mawar Gedung Putih.(Baca juga: Trump Tunjuk Hakim Wanita Konservatif Jadi Hakim Agung )

Sebuah video yang muncul pada Jumat waktu setempat memperlihatkan Senator Partai Republik Mike Lee dengan antusias memeluk audiens lain. Ia terlihat memegang masker di tangannya. Belakangan, Mike Lee dinyatakan positif Covid-19.

Rekan Hakim Barrett, presiden Notre Dame Pendeta John Jenkins juga dinyatakan positif. Dalam email kepada mahasiswa, fakultas, dan staf, dia menulis: "Saya menyesali kesalahan penilaian saya karena tidak mengenakan masker selama upacara dan dengan berjabat tangan dengan sejumlah orang di Taman Mawar."

Seorang staf pers administrasi Trump dan seorang jurnalis juga dinyatakan positif, tetapi tidak teridentifikasi saat ini.



CNN melaporkan Menteri Kesehatan AS, Alex Azar, juga terlihat tengah berbicara dalam acara itu tanpa menggunakan masker. Jaksa Agung William Barr dan Dr Scott Atlas, tambahan personil terbaru dari gugus tugas virus Corona Gedung Putih, juga terlihat tanpa masker dan berjabat tangan dengan orang-orang.

Berita bahwa penasihat dekat Presiden Trump, Hope Hicks , terkena Covid-19 menyeruak pada Kamis malam waktu setempat, dan dalam semalam dipastikan bahwa Trump dan ibu negara Melania Trump juga positif.(Baca juga: Lewat Twitter, Trump Konfirmasi Dirinya Terinfeksi Covid-19 )

Ketua Komite Nasional Republik Ronna McDaniel juga dinyatakan positif awal pekan ini dan telah diisolasi di rumah sejak Sabtu sehingga diyakini tidak berada di acara Taman Mawar.

Hakim Barrett dan suaminya sama-sama menderita Covid-19 selama musim panas tetapi telah sembuh sepenuhnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More