Citra Satelit Tunjukkan Fasilitas Senjata Nuklir Iran Jadi Target Serangan Israel

Minggu, 27 Oktober 2024 - 16:45 WIB
"Israel mengatakan mereka menargetkan bangunan yang menampung pencampur bahan bakar padat," kata Eveleth. "Pencampur industri ini sulit dibuat dan dikendalikan ekspornya. Iran mengimpor banyak rudal selama bertahun-tahun dengan biaya yang besar, dan kemungkinan akan kesulitan untuk menggantinya.”

Dengan operasi yang terbatas, katanya, Israel mungkin telah memberikan pukulan telak terhadap kemampuan Iran untuk memproduksi rudal secara massal dan mempersulit serangan rudal Iran di masa mendatang untuk menembus pertahanan rudal Israel.

“Serangan itu tampaknya sangat akurat,” katanya.

Axios melaporkan bahwa Israel menghancurkan 12 “pencampur planet” yang digunakan untuk memproduksi bahan bakar padat bagi rudal balistik jarak jauh, mengutip tiga sumber Israel yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan hal ini sangat merusak kemampuan Iran untuk memperbarui persediaan rudalnya dan dapat menghalangi Iran dari serangan rudal besar-besaran lebih lanjut terhadap Israel.

Iran memiliki persenjataan rudal terbesar di Timur Tengah dan memasok rudal ke Rusia untuk digunakan melawan Ukraina, dan ke Houthi Yaman dan milisi Lebanon Hizbullah, menurut pejabat AS.

Teheran dan Moskow membantah bahwa Rusia telah menerima rudal Iran.

Citra Planet Labs yang ditinjau awal tahun ini oleh Eveleth dan Jeffrey Lewis dari Middlebury Institute of International Studies di Monterey menunjukkan perluasan besar di Khojir dan kompleks militer Modarres dekat Teheran yang dinilai oleh keduanya untuk meningkatkan produksi rudal.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More