3 Fakta Isi Dokumen AS soal Israel Bersiap Serang Iran

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 14:11 WIB
Dua dokumen sangat rahasia AS bocor, mengungkap persiapan Israel menyerang Iran. Foto/Ynet
JAKARTA - Dua dokumen intelijen Amerika Serikat (AS) yang sangat rahasia telah bocor, mengungkap persiapan militer Israel untuk menyerang Iran.

Menurut laporan The New York Times, dua dokumen tersebut, yang berasal dari Badan Intelijen Geospasial Nasional (NGA)—lembaga yang bertanggung jawab untuk menganalisis gambar dan informasi yang dikumpulkan oleh satelit mata-mata Amerika—menawarkan wawasan tentang latihan militer Israel dan kesiapan operasionalnya.

Belum jelas siapa dan bagaimana dua dokumen tersebut bocor. Pentagon, badan-badan intelijen, dan FBI bergegas meluncurkan penyelidikan atas skandal kebocoran dokumen rahasia tersebut.





Kedua dokumen itu tertanggal 15 dan 16 Oktober, dan telah disebarkan di Telegram oleh akun-akun yang sebagian besar terkait dengan sentimen pro-Iran.

Berlabel "Top Secret", dua dokumen tersebut menyertakan tulisan "FGI", yang merupakan singkatan dari "Foreign Government Intelligence" atau "Intelijen Pemerintah Asing".

Ada juga tulisan "TK" dalam dokumen tersebut, merupakan singkatan dari "Talent Keyhole"—sebuah kata sandi yang mencakup Intelijen Sinyal berbasis satelit (SIGINT) dan Intelijen Citra (IMINT).

Apa sebenarnya isi dokumen intelijen Amerika itu hingga diklasifikasikan sebagai sangat rahasia?

3 Fakta Isi Dokumen AS soal Israel Bersiap Serang Iran

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More