Di Depan Raja Charles di Parlemen, Senator Australia Berteriak: Anda Bukan Rajaku

Senin, 21 Oktober 2024 - 17:20 WIB


Raja Charles berbicara tentang masyarakat adat dan apa yang telah dipelajarinya dari mereka dengan mengatakan bahwa pengalamannya sendiri telah "dibentuk dan diperkuat oleh kearifan tradisional tersebut". "Dalam banyak kunjungan saya ke Australia, saya telah menyaksikan keberanian dan harapan yang telah menuntun perjalanan bangsa yang panjang dan terkadang sulit menuju rekonsiliasi," katanya.

Namun saat ia duduk, teriakan protes Thorpe bergema di seluruh aula.

Istana Buckingham belum memberikan komentar resmi tentang protes Thorpe, sebaliknya berfokus pada kerumunan yang datang untuk melihat Raja dan Ratu di Canberra.

Sumber Istana mengatakan bahwa pasangan kerajaan itu sangat tersentuh oleh ribuan orang yang datang untuk mendukung mereka.

Jajak pendapat menunjukkan dukungan untuk gerakan tersebut telah tumbuh sejak saat itu, dan Perdana Menteri negara tersebut Anthony Albanese, yang menjabat tangan Raja tepat sebelum senator campur tangan, adalah seorang republikan jangka panjang.

Namun, pemerintah Albanese telah memutuskan untuk mengadakan pemungutan suara kedua tentang masalah tersebut dalam waktu dekat, menyusul referendum yang gagal tentang pengakuan Pribumi tahun lalu.

Kunjungan Raja Charles - dalam satu tahun di mana ia telah menerima perawatan kanker - adalah yang pertama ke Australia sejak menggantikan ibunya Ratu Elizabeth II. Karena kesehatannya, tur tersebut lebih singkat daripada kunjungan kerajaan sebelumnya.

Momen yang lebih ringan terjadi di awal hari ketika Raja membelai seekor alpaka yang mengenakan mahkota kecil, ketika ia berhenti untuk berbicara dengan anggota masyarakat setelah mengunjungi tugu peringatan perang Canberra. Pasangan kerajaan tersebut juga menanam pohon di Gedung Pemerintah sebelum Raja, seorang pencinta lingkungan lama, mengunjungi Laboratorium Penelitian Perilaku Kebakaran Hutan Nasional.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More