5 Dosa Israel terhadap PBB yang Mengejutkan, Terbaru Serang Pasukan Perdamaian

Senin, 21 Oktober 2024 - 14:52 WIB
Israel serang personel UNIFIL di Lebanon menjadi salah satu dari lima dosa pasukan Zionis terhadap PBB. Foto/Anadolu
JAKARTA - Riwayat “dosa” Israel terhadap PBB bisa ditelusuri sejak beberapa tahun lalu. Terbaru, tentara Zionis kedapatan menyerang UNIFIL, pasukan perdamaian yang dibentuk guna membantu memulihkan situasi konflik di wilayah perbatasan Israel dan Lebanon.

Sejak didirikan sebagai negara, Israel telah banyak membuat masalah di dunia. Bukan hanya soal mencaplok wilayah Palestina dan melakukan genosida di sana, rezim Zionis juga sering berkonflik dengan negara-negara lain di sekitarnya.

Berbagai masalah yang ditimbulkan Israel ini sebenarnya berusaha ditangani oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Akan tetapi, Tel Aviv seakan tidak tahu diri dan berulang kali menodai usaha-usaha yang dilakukan PBB.





“Dosa” Israel Terhadap PBB

1. Israel Menyerang UNIFIL



United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) merupakan pasukan penjaga perdamaian yang didirikan Dewan Keamanan PBB (DK PBB) pada Maret 1978. Tujuan utama pendiriannya adalah membantu memulihkan situasi konflik di wilayah perbatasan Israel dan Lebanon.

Menyusul langkah invasi yang dilakukan Israel ke Lebanon, tentara Zionis dilaporkan ikut menyerang UNIFIL. Mereka menembaki pasukan penjaga perdamaian PBB tersebut yang tengah berjaga di posisinya.

PBB melaporkan bahwa markas besar UNIFIL di Naqoura dan posisi-posisi di dekatnya telah berulang kali diserang tentara Israel. Padahal, setiap serangan yang disengaja terhadap pasukan penjaga perdamaian itu termasuk pelanggaran berat terhadap hukum humaniter internasional dan resolusi Dewan Keamanan 1701.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More