Dari Paris hingga Teheran, Operasi Pembunuhan Israel terhadap 16 Pemimpin Hamas

Senin, 21 Oktober 2024 - 17:45 WIB
Yahya Sinwar merupakan salah satu pemimpin Hamas yang dibunuh Israel. Foto/X/@majidzendaniyan
GAZA - Hamas telah mengonfirmasi bahwa Israel telah membunuh pemimpin politik dan militernya Yahya Sinwar di Gaza.

Rumor bahwa pasukan Israel telah membunuh Sinwar di lingkungan Tal as-Sultan Rafah di Gaza mulai beredar pada Kamis lalu. Militer Israel mengatakan pada Kamis bahwa jasadnya telah diidentifikasi setelah dia dibunuh sehari sebelumnya.

Pembunuhan itu terjadi di tengah perang Israel yang menghancurkan di Gaza, di mana lebih dari 41.000 warga Palestina telah terbunuh sejak 7 Oktober, ketika pejuang Hamas memasuki Israel selatan dalam sebuah serangan yang menewaskan 1.139 orang, dan 250 orang ditawan. Iran mengatakan sedang menyelidiki pembunuhan Sinwar.



Pembunuhan Sinwar di Gaza mengikuti pola panjang pembunuhan para pemimpin Palestina, dari Roma hingga Paris, Beirut hingga Athena, dan Gaza hingga Tunis. Israel jarang mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut – meskipun biasanya juga tidak menyangkal perannya. Dan para analis yakin bahwa pembunuhan ini merupakan ciri khas Israel, yang telah berlangsung selama lebih dari setengah abad.

Setelah 7 Oktober, pejabat Israel mengatakan secara terbuka bahwa para pemimpin senior Hamas ada dalam daftar pembunuhannya. Dalam rekaman yang dipublikasikan pada 4 Desember 2023, kepala badan intelijen Shin Bet Israel, Ronen Bar, mengatakan negara itu akan membunuh para pemimpin Hamas "di setiap lokasi, di Gaza, di Tepi Barat, di Lebanon, di Turki, di Qatar, semua orang".

Dari Paris hingga Teheran, Operasi Pembunuhan Israel terhadap 16 Pemimpin Hamas

1. Ismail Haniyeh (Juli 2024, Teheran, Iran)

Melansir Al Jazeera, pimpinan politik Hamas Ismail Haniyeh dibunuh di Teheran, Iran pada dini hari Rabu, setelah gedung tempat ia menginap diserang oleh kelompok Palestina yang dituduhkan kepada Israel.

Kelompok tersebut mengatakan bahwa Haniyeh tewas "dalam serangan udara Zionis" di kediamannya di Teheran setelah ia berpartisipasi dalam pelantikan presiden baru Iran, Masoud Pezeshkian. Kematiannya terjadi sehari setelah Israel menargetkan komandan Hizbullah Fuad Shukr di Beirut.

2. Saleh al-Arouri (Januari 2024, Beirut, Lebanon)

Melansir Al Jazeera, Al-Arouri, 57 tahun, adalah wakil kepala biro politik Hamas dan salah satu pendiri sayap bersenjata kelompok tersebut, Brigade Qassam. Ia dibunuh dalam serangan pesawat nirawak di pinggiran kota Beirut.

Ia telah tinggal di pengasingan di Lebanon setelah menghabiskan 15 tahun di penjara Israel. Sebelum perang dimulai pada 7 Oktober, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mengancam akan membunuhnya.

Israel tidak bertanggung jawab atas kematiannya. Namun, Danny Danon, mantan utusan Israel untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, memuji serangan itu dan memberi selamat kepada tentara Israel, Shin Bet, dan Mossad, badan intelijen Israel, karena telah membunuh al-Arouri.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More