Israel Hadapi Skenario Mengerikan Jika Pelabuhan Haifa Dirudal Hizbullah

Senin, 14 Oktober 2024 - 11:18 WIB
Israel hadapi skenario mengerikan jika pelabuhan Haifa diserang rudal Hizbullah Lebanon. Foto/haifaport.co.il
TEL AVIV - Ada kekhawatiran yang berkembang di Israel bahwa rudal Hizbullah dapat mencapai pelabuhan Haifa di tengah meningkatnya serangan militer Zionis di Lebanon sejak 23 September.

Serangan potensial terhadap pelabuhan Haifa dapat mengancam pasokan barang-barang pokok ke Israel.

Menurut laporan Al-Araby Al-Jadeed, Senin (14/10/2024), kekhawatiran tersebut telah mendorong Israel untuk mempertimbangkan menggunakan pelabuhan di negara lain, jika kapal-kapal pengiriman berhenti menuju Israel.





Negara yang dimaksud belum diungkapkan, namun surat kabar yang berfokus pada ekonomi Israel, Calcalist, menerbitkan laporan yang merinci konsekuensi dari serangan terhadap pelabuhan Haifa dan menyatakan bahwa pelabuhan Ashdod, pelabuhan terbesar kedua di Mediterania, tidak dapat digunakan sebagai alternatif karena kapasitasnya yang terbatas.

Laporan tersebut menambahkan bahwa pelabuhan Ashdod hanya dapat menampung sejumlah peti kemas tertentu, dan mengandalkannya akan menyebabkan kekurangan kebutuhan pokok, termasuk makanan.

Israel akan berada dalam "skenario mengerikan" lanjut laporan tersebut, dengan mencatat bahwa serangan rudal baru-baru ini telah terbukti menunjukkan keseriusan situasi tersebut.

Seorang juru bicara militer Israel mengonfirmasi bahwa Haifa diamankan dengan sistem perlindungan yang ada jika terjadi serangan rudal, namun tidak mungkin untuk menjamin efektivitas sistem tersebut.

Zadok Redker, pejabat Israel yang bertanggung jawab atas pelabuhan di dalam Kementerian Transportasi, dilaporkan mengatakan bahwa mereka telah menyiapkan rencana untuk menggunakan pelabuhan negara tetangga jika hingga 70 persen kapal pengiriman berhenti menuju Israel.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More