Adu Kekuatan Senjata Nuklir Rusia vs Amerika Serikat, Siapa Unggul?

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 17:30 WIB
-Avangard

Berikutnya ada Avangard. Senjata ini adalah kendaraan luncur hipersonik berkemampuan nuklir yang dikembangkan oleh Rusia.

Penggunaan Avangard yang bermanuver ini dirancang untuk melesat melewati pertahanan rudal musuh. Perkiraan menyebut bahwa rudal ini punya daya ledak antara 800 kiloton dan dua megaton dalam varian nuklirnya.

2. Amerika Serikat



Beralih ke sisi Amerika Serikat, Arms Control Association memperkirakan bahwa mereka punya 5.748 hulu ledak nuklir. Angka tersebut membuatnya sedikit mengungguli Rusia dalam hal jumlah.

Menurut deklarasi New START Maret 2023, AS telah mengintegrasikan sekitar 1.419 hulu ledak nuklir strategis pada 662 sistem persenjataannya.

Di antaranya termasuk rudal balistik antarbenua, rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam hingga pembom berat.

Selain itu, Negeri Paman Sam juga diperkirakan memiliki 100 bom gravitasi nuklir B-61 yang ditempatkan di enam pangkalan NATO. Berikut contoh senjata berkemampuan nuklir yang dimiliki AS:

-LGM 30G Minuteman III

Minuteman III merupakan rudal balistik tiga tahap berbahan bakar padat dengan jangkauan antarbenua. Rudal ini menjadi satu-satunya komponen berbasis darat dari triad nuklir AS.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More