Apa Itu Asbes yang Bisa Menjadi Bom Waktu yang Mematikan di Gaza?

Rabu, 09 Oktober 2024 - 19:08 WIB

3. Diibaratkan seperti Hukuman Mati bagi Warga Gaza

Roger Willey adalah pakar asbes terkemuka. Willey melihatnya sebagai "hukuman mati... yang akan sama bagi orang-orang di Gaza."

"Hal terbaik yang dapat dilakukan jika asbes terganggu dan melayang di udara adalah masuk ke dalam mobil dan berkendara sejauh mungkin darinya."

PBB telah memperingatkan bahwa hanya 11 persen wilayah Gaza yang masih menjadi "zona aman," sehingga mustahil bagi lebih dari dua juta warga Palestina yang berdesakan di wilayah tersebut untuk menjauh dari bahaya asbes.

Seorang pemantau hak asasi manusia mengatakan Israel menggunakan amunisi fosfor putih yang dilarang terhadap orang-orang di Jalur Gaza yang terkepung.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan sejumlah besar debu yang dilepaskan dari bangunan yang hancur menyebarkan bahan berbahaya yang melayang ke udara atau meresap ke dalam persediaan air, yang berisiko menimbulkan masalah kesehatan serius bagi 2,3 juta penduduk Gaza.

Menurut penilaian kerusakan dari UNOSAT, 163.778 bangunan rusak di Jalur Gaza berdasarkan gambar yang diambil pada tanggal 3 dan 6 September yang berjumlah 66% dari total kerusakan.

Secara total, ada lebih dari 128.000 bangunan hancur, atau rusak parah atau sedang di Gaza akibat kampanye pembunuhan dan penghancuran Israel.

Israel telah menghasilkan – melalui kampanye biadabnya – sekitar 42 juta ton puing di Gaza sejak Oktober 2023.

Program Lingkungan PBB memperkirakan bahwa beberapa juta ton puing mungkin terkontaminasi.

Komite Internasional Palang Merah memperingatkan bahwa risiko persenjataan yang belum dieksplorasi tersebar luas di seluruh Gaza.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More