3 Dampak Invasi Darat Israel bagi Lebanon dan Keamanan Timur Tengah

Rabu, 02 Oktober 2024 - 16:01 WIB
Israel terus menyerang wilayah Lebanon. Foto/anadolu
BEIRUT - Invasi darat Israel ke Lebanon dilaporkan telah resmi dilakukan, membuat perang di Timur Tengah semakin meluas. Pihak Negeri Yahudi mengungkapkan jika serangan ini dilancarkan untuk menarget Hizbullah.

Sebelumnya, Israel memang telah melakukan beberapa serangan ke Beirut. Mulai dari menggunakan bom pager hingga melancarkan serangan udara yang menewaskan pemimpin kelompok Hizbullah, Hassan Nasrallah.

Sebelum melancarkan serangan, militer Israel telah mengeluarkan peringatan "mendesak" kepada penduduk 25 desa di Lebanon selatan untuk segera mengungsi dari rumah mereka.



Jika invasi darat Israel ke Lebanon ini sukses dilancarkan, bukan tidak mungkin perang di wilayah Timur Tengah akan semakin meluas hingga akan terlibatnya negara-negara sekutu lainnya.

3 Dampak Invasi Darat Israel

1. Pasukan Lebanon Mundur dari Perbatasan Israel



Invasi darat yang dilakukan Israel membuat pasukan Lebanon mundur dari perbatasan. Diketahui jika serangan Negeri Yahudi telah menghantam pinggiran selatan Beirut, kata sumber keamanan.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan kepada kepala dewan lokal di Israel utara bahwa fase berikutnya dari perang di sepanjang perbatasan selatan Lebanon akan segera dimulai, dan mereka akan menggunakan segala cara yang mungkin diperlukan.

Pasukan Lebanon mundur sekitar lima kilometer dari posisi di sepanjang perbatasan selatan Lebanon dengan Israel, sumber keamanan Lebanon mengatakan kepada Reuters. Seorang juru bicara militer Lebanon tidak mengonfirmasi atau membantah gerakan tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More