3 Penyebab Tentara Lebanon Diam Saja saat Israel Invasi Darat Wilayahnya

Rabu, 02 Oktober 2024 - 13:01 WIB
Tentara Lebanon siaga di Beirut. Foto/anadolu
BEIRUT - Israel melancarkan invasi darat ke Lebanon pada Selasa (10/1/2024). Masih sama, tentara Zionis berdalih aksinya ini ditujukan untuk memerangi Hizbullah yang berbasis di negara tersebut.

Sebelum ini, Israel telah melakukan serangkaian cara untuk menumpas kelompok Hizbullah di Lebanon. Sebut saja dari aksi meledakan alat komunikasi pager dan walkie talkie hingga serangan udara yang berhasil membunuh Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah pekan lalu.

Pada invasi tebraru Israel ke Lebanon, ada hal menarik yang membuat banyak orang penasaran. Tentara bersenjata Lebanon justru memilih mundur dari pangkalannya di perbatasan selatan, bahkan sebelum para tentara Zionis menyerbu masuk ke wilayah negaranya.



Lalu, apa sebenarnya alasan tentara Lebanon diam saja saat melihat Israel melakukan invasi ke wilayahnya?

Penyebab Tentara Lebanon Diam Saja saat Israel Invasi Darat Wilayahnya

1. Tentara Lebanon Tunduk pada Perintah Atasan



Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Hizbullah bukan militer atau tentara resmi dari Lebanon. Mereka adalah organisasi politik dan paramiliter yang secara kebetulan berbasis di negara itu serta memiliki pengaruh tersendiri.

Terlepas dari Hizbullah, Lebanon memiliki tentara sendiri. Namun, mereka tunduk pada perintah dari atasannya, baik itu pemerintah ataupun jenderal tertingginya.

Mengutip EuroNews, seorang jenderal yang sedang cuti dari tentara Lebanon dan profesor geopolitik di Universitas St Joseph Beirut, Khalil Helou, menyebut Angkatan Bersenjata di Lebanon telah mengalami perpecahan. Adapun salah satu dampaknya adalah menjadikan angkatan darat dibiarkan sendiri.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More