Joe Biden kepada Sekutu Quad: China Menguji Kita

Minggu, 22 September 2024 - 09:42 WIB
Dalam pernyataan bersama mereka setelah pertemuan puncak, keempat pemimpin tersebut tidak secara langsung menyebut China, bahkan saat mereka menyatakan keprihatinan atas ketegangan di perbatasannya.

"Kami sangat prihatin dengan situasi di Laut China Timur dan Laut China Selatan," bunyi pernyataan bersama, yang dilansir AFP, Minggu (22/9/2024).

Para pemimpin tersebut mengutuk manuver yang bersifat memaksa dan mengintimidasi di Laut China Selatan—tempat China berselisih dengan Filipina dan negara-negara lain atas klaim maritimnya—tetapi tanpa mengatakan manuver siapa yang melakukannya.

Sementara itu, pulau-pulau yang disengketakan di Laut China Timur telah lama menjadi sumber ketegangan antara Jepang dan China.

Sebaliknya, para pemimpin menggunakan pernyataan terselubung, seperti yang telah mereka lakukan pada kesempatan sebelumnya, tentang menjaga kawasan itu "bebas dan terbuka" dan berbicara tentang "tantangan" geopolitik.

Bayangan lain yang membayangi pertemuan puncak itu adalah pemilihan presiden AS pada bulan November, dengan mantan presiden Donald Trump yang menganut isolasionisme dalam persaingan ketat melawan pewaris politik Biden, Kamala Harris.

Biden bersikeras bahwa aliansi tersebut akan bertahan apa pun situasi politiknya.

"Meskipun tantangan akan datang, dunia akan berubah karena Quad akan tetap ada," kata Biden kepada para pemimpin aliansi dalam sambutan publiknya sebelum para jurnalis dipersilakan keluar.

Ketika ditanya oleh wartawan apakah Quad akan berhasil melewati pemiliu pada tanggal 5 November, Biden menjawab: "Jauh melampaui November. Jauh melampaui November."

PM Modi dari India membuat janji serupa—dalam sebuah komitmen yang akan disambut baik oleh Washington, Canberra, dan Tokyo saat mereka mendekati New Delhi yang secara historis tidak berpihak.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More