China Uji Coba Jet Tempur Misterius dari Kapal Induk Liaoning, Diduga Pesaing F-35 AS

Minggu, 15 September 2024 - 14:42 WIB
China uji coba jet tempur misterius dari kapal induk Liaoning, diduga J-35 yang merupakan pesaing F-35 AS. Foto/via SCMP
BEIJING - China telah melakukan uji coba jet tempur yang dirahasiakan dari kapal induk Liaoning. Jet tempur itu diduga J-35, yang merupakan pesaing F-35 Amerika Serikat.

Sebuah dokumenter yang ditayangkan stasiun televisi pemerintah China; CCTV, menunjukkan jet tempur berbasis kapal induk yang tidak diungkapkan diuji di atas kapal induk pertama Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) tersebut.

Menurut siaran itu, uji coba dilakukan secara diam-diam awal tahun ini pada tanggal dan lokasi yang dirahasiakan.



Saat ini, PLAN mengoperasikan satu jet tempur berbasis kapal induk, J-15 “Flying Shark”, yang pada dasarnya adalah pesawat tempur generasi keempat yang didasarkan pada pesawat Sukhoi Su-33 Rusia—yang diperoleh China dari Ukraina pada akhir 1990-an.



Siaran CCTV tidak menyediakan gambar atau informasi apa pun mengenai jet tempur baru tersebut, tetapi menampilkan cuplikan J-15 yang lepas landas dari Liaoning.

Dalam dokumenter berjudul “Quenching”, Zhang Naigang, seorang anggota kru dari Liaoning, berbicara tentang pengalamannya dengan uji terbang J-15 sekitar 12 tahun lalu dan jet tempur modern saat ini.

“Pesawat tempur itu sangat indah. Hari itu cerah, seperti hari penerbangan pertama J-15 [di kapal induk],” kata Zhang.

Zhang bertanggung jawab untuk mengerahkan jet tempur ke landasan lompat ski dan memulai lepas landasnya sebagai operator unit kelompok kontrol lepas landas pesawat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More