5 Fakta Dukungan Kuba kepada Palestina, Salah Satunya Che Guevara Pernah Berkunjung ke Gaza

Kamis, 12 September 2024 - 16:35 WIB
Kuba sangat memberikan dukungan penuh kepada Palestina. Foto/AP
GAZA - Virus polio terdeteksi untuk pertama kalinya pada abad ini di Gaza selama musim panas, baru-baru ini melumpuhkan bayi berusia 10 bulan. Sanitasi yang buruk dan kondisi tidak higienis yang diciptakan oleh perang Israel yang merusak yang dimulai pada bulan Oktober telah memungkinkan penyakit tersebut terus menyebar melalui daerah kantong tersebut.

Pejabat kesehatan di seluruh dunia telah menyatakan kengerian tentang kembalinya polio di Gaza. Namun, Kuba adalah salah satu dari sedikit negara yang telah menarik garis lurus dari krisis ke penyebab krisis tersebut.

5 Fakta Dukungan Kuba kepada Palestina, Salah Satunya Che Guevara Pernah Berkunjung ke Gaza

1. Mengutuk Genosida Israel di Gaza





Foto/AP

Melansir TRT World, dalam sebuah pernyataan pada bulan Juli, Menteri Luar Negeri Kuba Bruno Rodriguez mengatakan bahwa "Genosida Israel terhadap rakyat #Palestina di #Gaza adalah penyebab epidemi polio yang mengancam warga Palestina."

Ini bukan pertama kalinya negara Karibia itu mengutuk taktik kekerasan dan genosida Israel terhadap rakyat Palestina, termasuk kelaparan yang disengaja dan pemboman infrastruktur vital.

2. Mendukung Palestina sejak 1947



Foto/AP

Kuba telah menjadi sekutu bersejarah Palestina baik dalam hal politik maupun kemanusiaan, sejak Perserikatan Bangsa-Bangsa pertama kali membagi tanah suci tersebut berdasarkan Rencana Pembagian 1947.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More