Israel Ingin Bumi Hanguskan Jenin, Berikut 6 Motivasinya

Senin, 02 September 2024 - 18:55 WIB
Israel ingin membumihanguskan Jenin. Foto/AP
GAZA - Di tengah serangan terbesar Israel di Tepi Barat yang diduduki sejak Intifada kedua, kota Jenin dan kamp pengungsi di dekatnya sekali lagi menjadi fokus serangan militer Israel.

Pada saat artikel ini ditulis, kota Jenin, yang menampung hampir 50.000 orang, dikepung oleh pasukan Israel sebagai bagian dari serangan yang lebih luas yang telah menyaksikan serangan yang dilancarkan di Jenin, Nablus, Tubas, Tulkarem dan sejauh ini telah menewaskan 10 warga Palestina dan melukai banyak lagi lainnya.

Akses ke rumah sakit telah diblokir dengan penghalang tanah, sementara fasilitas medis lainnya dikelilingi oleh pasukan.



Dalam sebuah pernyataan, Otoritas Palestina (PA) yang berkuasa, yang memiliki tanggung jawab nominal atas wilayah tersebut, mengatakan rumah sakit dikepung dan memperingatkan tentang "dampak" atas apa yang dikatakannya sebagai ancaman untuk menyerbunya.

Israel Ingin Bumi Hanguskan Jenin, Berikut 6 Motivasinya

1. Jenin Dijuluki Gaza dalam Skala Lebih Kecil



Foto/AP

Jenin telah menjadi titik fokus serangan militer Israel berkali-kali sebelumnya, yang, dalam sejarah panjang serangan militer, dalam kata-kata Zaid Shuabi, seorang organisator hak asasi manusia Palestina di Tepi Barat, "seperti Gaza dalam skala yang lebih kecil".

“Anda tidak melihat jalan karena jalan tersebut hancur. Infrastrukturnya … sistem pembuangan limbah dan listrik serta pipa air dan jaringan telekomunikasi rusak,” katanya kepada Al Jazeera pada bulan Juni.

Dari serangan saat ini hingga kekerasan Intifada kedua antara tahun 2000 dan 2005, Jenin jarang sekali terhindar dari badai terburuk yang terus berkecamuk di Tepi Barat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More