Siapa Valery Gerasimov? Panglima Militer Rusia yang Gagal Melindungi Perbatasan Rusia dari Invasi Ukraina

Kamis, 15 Agustus 2024 - 14:20 WIB
Valery Gerasimov, panglima militer Rusia, tidak mampu melindungi wilayahnya dari invasi Ukraina. Foto/AP
MOSKOW - Valery Gerasimov, panglima militer Rusia ini, menjadi sorotan. Dia dinilai gagal melindungi perbatasan Rusia karena ditembus ratusan tentara Ukraina di wilayah Kursk. Itu menjadi insiden yang sangat memalukan.

Gerasimov yang bertugas sebagai kepala staf umum Rusia, prajurit utama Putin, telah ditunjuk sebagai komandan operasional invasi Ukraina pada bulan Januari 2023 silam.

Berkat pertahanan yang kuat dari pasukan Kyiv, dengan bantuan senjata dan dukungan Barat, dalam sembilan bulan sejak pengangkatannya, pasukan Rusia hanya merebut 180 mil persegi wilayah Ukraina, setara dengan 0,08 persen wilayah Ukraina.



Gerasimov menghadapi tuduhan. Banyak blogger perang nasionalis yang memiliki izin untuk mengkritik pelaksanaan perang, menyalahkannya atas fakta bahwa militer negara adidaya – yang konon dimodernisasi secara mahal dalam 15 tahun terakhir – tidak mampu menguasai lebih banyak wilayah tetangganya yang lebih kecil.

Kritikus Barat menyebut tentara Rusia naif, kurang perlengkapan, lambat bereaksi, dan diganggu oleh struktur komando yang kacau. Karier Gerasimov hingga invasi skala penuh ke Ukraina ditandai oleh kemampuan beradaptasi yang mengesankan.

Siapa Valery Gerasimov? Panglima Militer Rusia yang Gagal Melindungi Perbatasan Rusia dari Invasi Ukraina

1. Pernah Menjadi Taruna Terbaik di Sekolah Militer



Foto/AP

Sebagai seorang taruna muda di sekolah militer, ia telah mengatasi kurangnya intuisi alami dengan "memakan tumpukan buku militer oleh para ahli teori militer Rusia", menurut Seth Jones, seorang mantan analis intelijen AS yang memasukkan biografi Gerasimov dalam sebuah buku berjudul Three Dangerous Men. Ia akhirnya menjadi taruna terbaik.

Sebagai komandan tank berusia 22 tahun pada tahun 1977 di Polandia, dan kemudian menjadi salah satu staf puncak untuk Distrik Militer Baltik pada pergantian tahun 1990-an di Estonia, ia menyaksikan kelompok-kelompok pro-demokrasi yang didanai Barat membantu menggulingkan kekuasaan Soviet.

Melansir The Independent, Uni Soviet akan runtuh seluruhnya pada tahun 1991. Saat itu adalah akhir dari Perang Dingin dan AS tidak menembakkan satu peluru pun. Hal ini "mulai membentuk penggunaan strategi dan taktik perang hibrida oleh Gerasimov, yang dapat Anda lihat saat ia benar-benar mulai mencapai puncaknya," kata Jones kepada The Independent.

2. Sukses Memimpin Pencaplokan Krimea



Foto/AP

Melompat cepat ke tahun 2014, dan setelah menghabiskan waktu bertahun-tahun mempelajari penggunaan perang tidak teratur oleh AS, yang melibatkan operasi pengaruh rahasia untuk mencapai tujuan perang konvensional, Gerasimov telah membantu mencaplok Krimea dari Ukraina. Ia akan mengawasi "orang-orang hijau kecil" - mengenakan seragam Rusia berwarna hijau dan membawa senjata Rusia - yang akan terus menguasai sebagian besar wilayah Luhansk dan Donetsk di Ukraina timur pada akhir tahun yang sama.

Julukan itu diperoleh berkat penolakan Moskow untuk mengakui keterlibatan, mencoba untuk menunjukkan bahwa mereka adalah kelompok "bela diri" lokal. Namun, Tn. Putin kemudian mengakui bahwa tentara Rusia terlibat di Krimea dan bahwa "para ahli militer" berada di Ukraina timur.

Itu adalah perampasan tanah terbesar oleh negara berdaulat di Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

"Dari sudut pandang Putin, dia dikelilingi oleh begitu banyak orang yang berjanji tetapi tidak menepatinya," kata Mark Galeotti, seorang pakar sejarah Rusia. "Tetapi di sini ada seorang pria yang, ketika diberi tugas, keluar dan menyelesaikannya. Itulah yang dihargai Putin."

Pada tahun 2018, dalam sebuah artikel berjudul "Pemikiran tentang Konflik Militer Masa Depan", Tn. Gerasimov menulis dengan bangga: “Spektrum konflik yang mungkin terjadi sangat luas.”

Namun, ketika Putin turun dari SUV hitam besarnya di malam Oktober yang dingin tahun ini, Gerasimov tidak punya banyak hal untuk dibanggakan. Ia menundukkan kepala sementara Putin berdiri tegak.

“Gerasimov melancarkan serangan yang tidak direncanakan dengan baik dan tidak tepat waktu di seluruh [Ukraina Timur] mulai akhir Januari,” tulis Mike Kofman dan Rob Lee, dua analis perang terkemuka. “Militer Rusia, yang masih dalam tahap pemulihan, tidak dalam posisi untuk melakukan operasi ofensif mengingat defisitnya dalam hal kualitas pasukan, peralatan, dan amunisi.”

3. Dimusuhi Wagner



Foto/AP

Kemudian terjadi pemberontakan yang gagal oleh Yevgeny Prigozhin, kepala Grup Wagner tentara bayaran, yang pasukannya mendukung banyak hal yang dilakukan Rusia di Ukraina timur, termasuk pertempuran panjang dan berdarah untuk Bakhmut.

Kota itu telah mengambil makna simbolis bagi kedua belah pihak yang jauh lebih besar daripada kepentingan taktisnya mengingat banyaknya pasukan yang hilang di kedua belah pihak. Wagner mengibarkan bendera Rusia di kota itu, tetapi pertempuran di sekitar tepi Bakhmut masih sengit.

Prigozhin terus-menerus memanggil Gerasimov dalam omelan video yang semakin kasar tentang apa yang dilihatnya sebagai kegagalan taktis militer Rusia dan kurangnya dukungan untuk anak buahnya.

Mengingat posisi Prigozhin, dan hubungannya yang sudah lama dengan Putin, hal itu memalukan bagi Kremlin. Ketika Prigozhin melancarkan pemberontakannya pada tanggal 23 Juni, pasukannya berbaris dari markas Distrik Militer Selatan yang sama yang akan dikunjungi Putin pada bulan Oktober menuju Moskow. Prigozhin akhirnya berhenti 125 mil dari ibu kota setelah kesepakatan dicapai dengan Kremlin, tetapi itu adalah tantangan paling signifikan bagi Putin selama bertahun-tahun.

Prigozhin, yang meninggal dalam kecelakaan pesawat dua bulan kemudian, mengatakan pemberontakan itu tidak ditujukan kepada Putin tetapi sebaliknya merupakan "pawai untuk keadilan" yang dimaksudkan untuk menyingkirkan komandan Rusia yang tidak kompeten yang ia salahkan karena mengacaukan perang di Ukraina, termasuk Gerasimov dan menteri pertahanan, Sergei Shoigu.



4. Tidak Mampu Menjaga Kursk



Foto/AP

Valery Gerasimov, Kepala Staf Umum Angkatan Darat Rusia, tampaknya mengabaikan peringatan intelijen bahwa Angkatan Bersenjata Ukraina berkumpul di dekat perbatasan Kursk Oblast, Bloomberg melaporkan pada 8 Agustus, mengutip sumber yang dekat dengan Kremlin.

Pasukan Ukraina melintasi perbatasan ke Kursk Oblast pada 6 Agustus, yang mengakibatkan bentrokan di tanah Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim pada 8 Agustus bahwa pasukannya memerangi pasukan Ukraina di dua distrik dekat perbatasan dengan Ukraina.

5. Tidak Mampu Mengelola Intelijen Militer dengan Baik



Foto/AP

Gerasimov dan pejabat tinggi "tampaknya mengabaikan peringatan intelijen bahwa tentara Ukraina berkumpul di dekat perbatasan dengan wilayah Kursk barat Rusia sebanyak dua minggu sebelum mereka memulai serangan," kata Bloomberg.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga tidak diberi pengarahan tentang penambahan pasukan, sumber yang tidak disebutkan namanya dilaporkan mengatakan kepada Bloomberg.

Sumber tersebut mengindikasikan bahwa "meskipun Gerasimov tidak mungkin disingkirkan dalam jangka pendek, kesabaran di Kremlin atas penanganannya terhadap perang sudah hampir habis," Bloomberg menambahkan.

Putin mengadakan pertemuan dengan Gerasimov dan pejabat tinggi lainnya pada 7 Agustus, di mana Gerasimov memberi tahu Putin bahwa "kemajuan Ukraina ke arah Kursk terhenti."

Putin menggambarkan serangan itu sebagai "provokasi skala besar" dan mengklaim bahwa tentara Ukraina melakukan serangan terhadap infrastruktur sipil. Kyiv Independent tidak dapat memverifikasi klaim pemerintah Rusia secara independen.

Oblast Kursk terletak di perbatasan dengan Oblast Sumy Ukraina, yang telah mengalami serangan setiap hari sejak Ukraina mengusir pasukan Rusia keluar dari wilayah tersebut dan kembali melintasi perbatasan pada April 2022. Kedua wilayah itu berbagi perbatasan sepanjang 245 kilometer (152 mil).

"Rusia membawa perang ke tanah kami, dan seharusnya merasakan apa yang telah dilakukannya," kata Presiden Volodymyr Zelensky dalam pidato malamnya pada 8 Agustus, yang menghindari penyebutan langsung tentang pertempuran yang sedang berlangsung di Oblast Kursk Rusia.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More