Klaim Kuasai 1.000 Km Persegi Wilayah Rusia, Ukraina Terus Intensifkan Serangan Rudal dan Drone

Rabu, 14 Agustus 2024 - 16:37 WIB
loading...
Klaim Kuasai 1.000 Km...
Ukraina mengklaim menguasai 1.000 km persegi wilayah Rusia. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Ukraina meluncurkan serangan rudal dan pesawat nirawak besar-besaran semalam di wilayah selatan Rusia, karena berupaya untuk memajukan serangannya lebih jauh.

Rusia melaporkan pada Rabu pagi bahwa mereka telah menghancurkan 117 pesawat nirawak Ukraina serta beberapa rudal semalam, sebagian besar di wilayah Kursk, Voronezh, Belgorod, dan Nizhny Novgorod.

Ukraina melancarkan serangan mendadaknya minggu lalu dengan serangan lintas batas besar-besaran ke Kursk. Rusia tampaknya berjuang untuk menahan serangan itu dan telah mengumumkan tindakan darurat serta mengevakuasi puluhan ribu orang.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan pasukannya terus maju di Kursk dan bahwa ia telah memerintahkan para jenderalnya untuk mengembangkan "langkah-langkah penting" berikutnya dalam operasi itu. Kyiv kini mengklaim telah menguasai sedikitnya 1.000 km persegi wilayah Rusia.

Moskow bersikeras bahwa wilayah sebenarnya hanya sekitar setengah dari itu. Namun, yang jelas adalah bahwa dengan membawa perang ke Rusia, Ukraina telah memicu kekhawatiran.

Hampir 200.000 orang terpaksa mengungsi dari wilayah perbatasan. Gubernur wilayah Belgorod pada hari Rabu mengumumkan keadaan darurat, menyalahkan pemboman tanpa henti oleh Ukraina.

"Situasi di wilayah Belgorod terus menjadi sangat sulit dan menegangkan," kata Vyacheslav Gladkov dalam sebuah video yang diunggah di aplikasi perpesanan Telegram, dilansir Al Jazeera.

Penembakan harian oleh angkatan bersenjata Ukraina telah menghancurkan rumah-rumah, dan telah menewaskan serta melukai warga sipil, tambahnya.

"Oleh karena itu, kami membuat keputusan, mulai hari ini, untuk mengumumkan situasi darurat regional di seluruh wilayah Belgorod ... dengan permohonan berikutnya kepada pemerintah untuk mengumumkan situasi darurat federal."

Gladkov mengatakan Belgorod juga telah diserang pesawat nirawak, dan meskipun tidak ada korban jiwa, ada beberapa kerusakan pada bangunan. Awal minggu ini, Belgorod mengumumkan akan mengevakuasi warga yang tinggal di distrik perbatasan Krasnoyaruzhsky.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)