4 Alasan Barat Mendukung Invasi Ukraina ke Kursk, Salah Satunya Menanamkan Rasa Takut bagi Rakyat Rusia

Senin, 12 Agustus 2024 - 09:20 WIB
Barat mendukung invasi Ukraina ke Rusia. Foto/EPA
MOSKOW - Barat keberatan dengan serangan besar-besaran Kiev ke wilayah Rusia . Demikian dilaporkan Politico mengutip para pejabat.

Invasi Ukraina ke wilayah tersebut sangat mengejutkan di tengah banyak kemunduran pasukan Kiev dalam berperang dengan Rusia. Ada indikasi kalau Ukraina menggunakan tentara bayaran yang sudah terlatih dalam invasi tersebut seperti yang dituduhkan Rusia.

4 Alasan Barat Mendukung Invasi Ukraina ke Kursk, Salah Satunya Menanamkan Rasa Takut bagi Rakyat Rusia

1. Serangan Dilakukan dengan Melibatkan 3 Brigade dan Pasukan Terbarik Ukraina

Melansir RT, Ukraina melancarkan serangan terhadap Wilayah Kursk pada Selasa lalu dalam serangan terbesarnya terhadap wilayah Rusia sejak pecahnya konflik. Kementerian Pertahanan Rusia memperkirakan pada saat itu bahwa pasukan ofensif Ukraina terdiri dari hingga 1.000 tentara dan puluhan kendaraan lapis baja, termasuk beberapa yang dipasok oleh Barat.



Namun, pada Jumat, Forbes mengklaim bahwa serangan itu melibatkan "setidaknya tiga brigade," masing-masing dengan hingga 2.000 tentara, termasuk beberapa unit dengan perlengkapan terbaik di tentara Ukraina.



2. Menggunakan Peralatan Militer Barat

Politico melaporkan bahwa beberapa pendukung Ukraina dari Barat yang sebelumnya menyuarakan kekhawatiran tentang eskalasi konflik memberikan lampu hijau untuk serangan itu, menambahkan bahwa "tidak ada tanda-tanda" bahwa mereka "memberikan tekanan pada Kiev untuk mengendurkan diri."

Ukraina mengalami kerugian besar di Kursk – Moskow Kepala Komite Pertahanan parlemen Jerman, Marcus Faber, mengatakan bahwa dia tidak menentang Ukraina menggunakan senjata buatan Jerman di tanah Rusia.

Komentarnya muncul setelah Bild melaporkan bahwa kendaraan tempur infanteri Marder Jerman digunakan di Wilayah Kursk. Ini akan menjadi kasus pertama kendaraan lapis baja Jerman beroperasi di daerah itu sejak bentrokan tank besar antara pasukan Soviet dan Nazi di Pertempuran Kursk pada bulan Juli 1943.

3. Tidak Melanggar Arah Kebijakan Barat

Juru bicara Komisi Eropa Peter Stano mengatakan pada hari Rabu bahwa UE "sepenuhnya mendukung hak Ukraina yang sah untuk mempertahankan diri," termasuk "dengan menyerang agresor di wilayahnya." Pentagon menggemakan sentimen ini, dengan mengatakan bahwa mereka tidak memiliki masalah dengan operasi tersebut. "Hal ini sesuai dengan kebijakan kami," kata juru bicara Sabrina Singh.

4. Menanamkan Rasa Takut bagi Penduduk Rusia

Kremlin mengecam serangan itu sebagai provokasi dan menuduh pasukan Ukraina melakukan serangan membabi buta terhadap warga sipil. Sementara itu, pejabat Ukraina mengatakan bahwa tujuan utama operasi itu adalah untuk menanamkan rasa takut di antara penduduk Rusia dan mendapatkan pengaruh dalam kemungkinan negosiasi dengan Moskow.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari Sabtu bahwa kemajuan Ukraina telah dihentikan, meskipun pertempuran terus berlanjut di Wilayah Kursk, termasuk di pinggiran kota Sudzha, sekitar 9 km dari perbatasan.

Kementerian itu juga menambahkan bahwa serangan udara dan rudal telah dilakukan terhadap cadangan Ukraina di seberang perbatasan. Kementerian tersebut memperkirakan kerugian Kiev hingga 1.100 tentara dan 140 kendaraan lapis baja sejak dimulainya serangan.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More