Timur Tengah Memanas, Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Shoigu Tiba di Iran

Senin, 05 Agustus 2024 - 20:15 WIB
Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Sergei Shoigu (kanan) dan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia Valery Gerasimov (tengah) menghadiri pertemuan Presiden Vladimir Putin dengan para komandan distrik militer di Kremlin di Moskow, Rusia, 15 Mei 2024. Foto
TEHERAN - Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Sergei Shoigu telah tiba di Iran untuk kunjungan kerja yang direncanakan guna membahas isu keamanan global dan regional.

Kabar itu disampaikan Dewan Keamanan Rusia pada hari Senin (5/8/2024).

Shoigu akan mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari Iran, Ali Akbar Ahmadian, dan Kepala Staf Umum angkatan bersenjata Iran Mohammad Bagheri. Shoigu akan diterima oleh Presiden Iran Masoud Pezeshkian.



Agenda tersebut mencakup berbagai isu kerja sama antara Rusia dan Iran di Teheran, termasuk keamanan dan ekonomi.

Sebelumnya, juru bicara Kremlin Dmitry mengungkapkan Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu dengan Presiden Iran Masoud Pezeshkian di KTT BRICS di Kazan pada bulan Oktober.

Pada bulan Juli, Presiden terpilih Iran tersebut merilis pesan yang menggarisbawahi bahwa, “Rusia adalah sekutu strategis dan tetangga yang berharga bagi Iran dan pemerintahan saya akan tetap berkomitmen untuk memperluas dan meningkatkan kerja sama kita."

"Saya akan terus memprioritaskan kerja sama bilateral dan multilateral dengan Rusia, khususnya dalam kerangka kerja seperti BRICS, Organisasi Kerja Sama Shanghai, dan Uni Ekonomi Eurasia," tegas Pezeshkian.

(sya)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More