Kenapa Mahmoud Abbas Absen di Pemakaman Haniyeh? Ini 5 Alasannya

Senin, 05 Agustus 2024 - 17:55 WIB
Mahmoud Abbas tak menghadiri pemakaman pemimpin Hamas Ismail Haniyeh. Foto/EPA
GAZA - Ketidakhadiran Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas pada pemakaman pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh di Qatar menimbulkan pertanyaan besar di berbagai kalangan. Absennya Abbas menunjukkan bahwa dia masih memiliki dendam personal kepada Haniyeh.

Selain itu, ketidakhadiran Abbas juga memicu bahwa prospek rekonsiliasi Hamas dan Fatah hanya isapan jempol saja. Padahal, banyak tokoh dan pemimpin internasional yang ikut memberikan penghormatan terakhir bagi Haniyeh.

Kenapa Mahmoud Abbas Absen di Pemakaman Haniyeh? Ini 5 Alasannya

1. Permusuhan Abadi antara Mahmoud Abbas dan Ismail Haniyeh





Foto/EPA

Bukan rahasia lagi bahwa hanya ada sedikit cinta yang tersisa antara pimpinan Otoritas Palestina (PA) yang berpusat di Ramallah dan Ismail Haniyeh. Keduanya telah berselisih selama bertahun-tahun, tetapi ketika berita tentang kematian kepala politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran tersebar, serangkaian pernyataan dari para pemimpin politik di Ramallah yang mengutuk serangan itu dan menjuluki Haniyeh sebagai pahlawan nasional pun bermunculan.

Meskipun ada simpati yang mendalam di antara warga Palestina di Tepi Barat terhadap mereka yang berada di Gaza, dan jajak pendapat menunjukkan bahwa sebagian besar warga Palestina di Tepi Barat ingin melihat rekonsiliasi dengan Hamas, Presiden Palestina Mahmoud Abbas tidak menunjukkan minat yang nyata untuk menyatukan faksi-faksi Palestina sejak Fatah, partainya, diusir dari Jalur Gaza oleh Hamas pada tahun 2007.

Hal itu tidak berubah dengan terbunuhnya Haniyeh, yang menurut para analis dan orang dalam Fatah tidak mungkin terjadi perubahan paradigma.

Tanggapan paling menonjol dari Ramallah adalah panggilan telepon antara Menteri Urusan Sipil PA Hussein al-Sheikh — salah satu pembantu terdekat Abbas dan sosok yang sangat dibenci dalam jajaran Hamas — dan Khaled Mashaal, pejabat senior Hamas yang berbasis di Doha yang dijadwalkan untuk menggantikan Haniyeh sebagai kepala Hamas di luar Gaza.

Sheikh menggambarkan Haniyeh sebagai "pemimpin nasional" yang "kemartirannya merupakan kerugian besar bagi rakyat Palestina."

2. Hanya Mengirim Delegasi Yakni Wakil Ketua Gerakan Fatah



Foto/EPA

Delegasi dari faksi Palestina Fatah akan ambil bagian dalam pemakaman kepala Hamas Ismail Haniyeh di Qatar yakni wakil Ketua Fatah, Mahmoud Al-Aloul, dan Sekretaris komite pusatnya, Jibril Rajoub, menghadiri upacara tersebut.

Rajoub adalah mantan kepala keamanan yang dalam beberapa tahun terakhir telah mempelopori upaya tulus untuk berdamai dengan Hamas, meskipun upaya ini sering kali dirusak oleh Abbas.

Aloul, seorang loyalis Abbas dan mantan komandan militer Fatah dari Nablus, berada di Cina bulan lalu, di mana ia menandatangani perjanjian persatuan baru dengan Hamas. Optimisme awal segera sirna dengan kesepakatan itu, yang menghindari beberapa masalah utama perpecahan antara kedua faksi Palestina dan tidak menghasilkan perubahan substansial.

Aloul bahkan mengatakan kepada para pembantunya bahwa perjanjian yang ditengahi oleh Tiongkok itu tidak menawarkan sesuatu yang baru dari garis besar sebelumnya yang juga gagal menghasilkan terobosan.

Meskipun telah menandatangani perjanjian itu, Aloul bahkan mengakui bahwa ia "tidak yakin Hamas benar-benar mencari rekonsiliasi, dan Abbas tidak terburu-buru untuk mewujudkannya," kata seorang sumber yang dekat dengannya kepada Al-Monitor.

“Orang-orang frustrasi dan sangat sedih [atas pembunuhan Haniyeh],” kata seorang pejabat Fatah di Ramallah, “tetapi para pemimpin politik di sini tidak terlibat."

Haniyeh telah menjadi pendukung utama Hamas untuk rekonsiliasi dengan Fatah. Dalam jangka panjang, pembunuhannya tidak mungkin melemahkan keinginan untuk persatuan nasional dalam gerakan tersebut. Banyak kandidat yang dijadwalkan untuk menggantikan Haniyeh, terutama Mashaal, telah berbicara di depan umum dalam beberapa tahun terakhir untuk mendukung penyatuan kembali dengan Fatah dan Otoritas Palestina.



3. Rekonsiliasi Hamas dan Fatah Jadi Momok



Foto/EPA

Rekonsiliasi nasional adalah satu kartu yang mungkin harus dimainkan Abbas.

Kesepakatan sejati dengan Hamas dapat menopang dukungannya yang menyedihkan di jalan Palestina dan memberikan dorongan untuk dimulainya kembali perundingan damai, yang telah menemui jalan buntu selama bertahun-tahun. Namun, Abbas tampaknya tidak cenderung untuk menempuh jalan itu.

4. Memilih Bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman

Presiden Abbas tidak akan melakukan perjalanan ke Doha untuk menghadiri pemakaman Haniyeh pada hari Jumat. Namun, ia akan menuju Arab Saudi pada hari Minggu untuk bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang menunjukkan di mana prioritasnya berada; Abbas melihat Arab Saudi memegang kunci bagi potensi kebangkitan PA, bukan kaum Islamis di Gaza.

Dalam beberapa bulan terakhir, pejabat Saudi telah mengindikasikan kepada pimpinan Ramallah bahwa mereka akan melanjutkan pengiriman dukungan keuangan langsung, yang tiba-tiba dihentikan pada tahun 2016, dalam upaya untuk membantu meringankan situasi ekonomi PA yang buruk.

5. Popularitas Hamas Terus Naik di Tepi Barat

Perang di Gaza telah membuat popularitas Hamas dan Haniyeh melambung di Tepi Barat. Sebuah jajak pendapat yang diterbitkan bulan lalu oleh lembaga jajak pendapat terkemuka Palestina Khalil Shikaki mencatat bahwa dukungan untuk Hamas di Tepi Barat mencapai 41%, dibandingkan dengan hanya 17% untuk gerakan Fatah pimpinan Abbas.

Hugh Lovatt, peneliti kebijakan senior di Dewan Eropa untuk Hubungan Luar Negeri, mengatakan pembunuhan tersebut kemungkinan akan meningkatkan popularitas Hamas di Tepi Barat.

“Dengan meningkatkan Popularitas Hamas di Tepi Barat dan semakin mengobarkan kemarahan rakyat terhadap pendudukan tersebut, pembunuhan Haniyeh oleh Israel akan semakin meminggirkan PA dan kepemimpinannya yang semakin tidak populer yang dipimpin oleh Presiden Mahmoud Abbas, yang secara luas dianggap lebih memprioritaskan kerja sama dengan Israel dan AS daripada pembebasan nasional,” katanya.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More