Saksi Mata: Haniyeh Terbunuh oleh Rudal yang Ditembakkan ke Kamarnya, Bukan Bom Ditanam

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 09:30 WIB
Gambar yang diduga menunjukkan wisma tamu di Teheran tempat Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh menginap. Foto/X
TEHERAN - Tiga orang yang berada di gedung yang dijaga ketat di Teheran tempat Ismail Haniyeh dibunuh telah memberi tahu Middle East Eye bahwa kepala politik Hamas itu terbunuh oleh rudal yang ditembakkan ke kamarnya dan bukan karena bom yang ditanam.

Orang-orang tersebut, yang salah satunya tinggal di kamar dekat kamar Haniyeh, mengatakan pada Jumat (2/8/2024) bahwa mereka mendengar suara-suara sebelum ledakan mengguncang gedung tersebut, suara-suara yang mereka katakan tampaknya konsisten dengan suara yang dihasilkan oleh rudal.

"Ini jelas proyektil dan bukan bom yang ditanam," ungkap salah satu orang tersebut mengatakan kepada MEE.



Saksi mata itu menambahkan mereka melihat akibat ledakan yang tampaknya konsisten dengan serangan rudal.

Dua orang lainnya, yang tinggal di lantai terpisah, juga menyaksikan akibat serangan itu, yang mengakibatkan runtuhnya sebagian langit-langit dan dinding luar kamar Haniyeh.

Haniyeh, pejabat senior Hamas yang telah memainkan peran kunci dalam pembicaraan untuk kemungkinan gencatan senjata di Gaza, tewas bersama pengawalnya yang telah lama bertugas, Wasim Abu Shaaban, pada Rabu, beberapa jam setelah mereka menghadiri upacara pelantikan Presiden baru Iran Masoud Pezeshkian.

Pembunuhan Haniyeh adalah pembunuhan besar kedua yang dilakukan Israel dalam beberapa jam, menyusul serangan di Beirut yang menewaskan komandan senior Hizbullah, Fuad Shukr.

Serangan Israel itu meningkatkan kekhawatiran bahwa wilayah tersebut sedang menuju perang besar-besaran.

Sumber yang dekat dengan pejabat di kepresidenan Iran mengatakan kepada MEE bahwa bangunan tempat Haniyeh dan beberapa tamu Palestina lainnya menginap terletak di dekat Istana Saadabad di Teheran dan dijaga oleh Korp Garda Revolusi Iran (IRGC).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More