Mengenal Hamas, Gerakan Politik yang Konsisten Usung Cita-Cita Kemerdekaan Palestina

Rabu, 31 Juli 2024 - 13:42 WIB
Hamas adalah organisasi yang digagas oleh pemimpin agama (syekh) Ahmad Yasin dan didirikan pada 1987 saat konflik Palestina-Israel memuncak. Foto ilustrasi/AP
GAZA - Terbunuhnya pemimpin Hamas Ismail Haniyeh membuat konflik Palestina-Israel makin jauh dari kata damai. Apalagi konflik Palestina dan Israel adalah salah satu konflik era modern paling lama dan paling ganas yang belum selesai sampai sekarang.

Ada berbagai hal yang jadi mewarnai konflik ini, termasuk terlibatnya berbagai aktor, salah satunya adalah Hamas. Artikel kali ini akan membahas soal fakta-fakta tentang Hamas yang perlu diketahui, simak ya!

Awal Mula Kelahiran Hamas





Hamas adalah organisasi yang digagas oleh pemimpin agama (syekh) Ahmad Yasin dan didirikan pada 1987 saat konflik Palestina-Israel memuncak.

Hamas muncul sebagai oposisi terhadap Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), yang saat itu dipegang oleh pemerintah Palestina pimpinan Yasser Arafat, yang terinspirasi oleh sosialisme dan nasionalisme.

Para pendiri Hamas meyakini bahwa PLO gagal membela kepentingan rakyat Palestina dan justru cenderung mendukung terhadap apa yang mereka lihat sebagai penjajahan Israel atas wilayah Palestina.

Fakta-Fakta Tentang Hamas



1. Lahir karena Pendudukan Israel



Hamas didirikan pada tahun 1987 selama Intifada Pertama, pemberontakan Palestina melawan pemerintahan Israel. Tujuannya adalah untuk mendirikan negara Islam di Palestina.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More