Apakah Serangan Roket ke Lapangan Sepak Bola Israel Hanya Kecelakaan atau Skenario Matang?

Minggu, 28 Juli 2024 - 14:50 WIB
Serangan roket ke lapangan sepak bolah di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel menewaskan 12 orang. Foto/EPA
GAZA - Hingga kini, pejuang Hizbullah tidak bertanggungjawab atas serangan roket ke lapangan sepak bola di Dataran Tinggi Golan yang diduduki oleh Israel.

Omar Baddar, analis politik Timur Tengah, mengatakan bahwa ia yakin serangan roket di Dataran Tinggi Golan "hampir pasti merupakan kecelakaan", terlepas dari siapa yang bertanggung jawab atasnya.

"Tidak ada pihak di seluruh wilayah yang memiliki kepentingan politik atau militer dalam menargetkan pertandingan sepak bola anak-anak di kota Druze di Dataran tinggi yang diduduki. Dan perlu dicatat juga bahwa ada keinginan dari pihak Hizbullah dan Israel untuk menghindari perang skala penuh," katanya kepada Al Jazeera dari Washington, DC.



Omar Baddar mengungkapkan, semua pihak memerlukan penyelidikan independen untuk benar-benar mengetahui apa yang terjadi dalam kasus ini. "Namun penyangkalan Hizbullah itu sendiri setidaknya merupakan indikasi bahkan jika itu ternyata roket Hizbullah, itu tentu saja bukan penargetan yang disengaja terhadap pertandingan sepak bola itu," tambahnya.

Omar Baddar menjelaskan, jadi ini akan membuka pintu bagi semacam de-eskalasi dan pertanyaannya adalah apakah Israel tertarik untuk mengambil jalan itu atau apakah mereka melihat konflik dengan Hizbullah sebagai sesuatu yang tak terelakkan. "Apakah mereka akan memanfaatkan kesempatan ini sebagai momen PR yang baik bagi mereka untuk meningkatkan eskalasi ke arah itu," paparnya.

Serangan roket di lapangan sepak bola di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel menewaskan 12 orang termasuk anak-anak pada hari Sabtu, kata otoritas Israel. Mereka menyalahkan Hizbullah dan bersumpah untuk memberikan hukuman berat kepada kelompok Lebanon yang didukung Iran itu.

Hizbullah membantah bertanggung jawab atas serangan itu, yang merupakan serangan paling mematikan di Israel atau wilayah yang dianeksasi Israel sejak dimulainya konflik di Gaza.

Serangan itu secara tajam meningkatkan ketegangan dalam permusuhan yang telah terjadi bersamaan dengan perang Gaza dan telah menimbulkan kekhawatiran akan konflik besar-besaran antara musuh yang bersenjata berat itu. Iklan ยท Gulir untuk melanjutkan

Roket tersebut menghantam lapangan sepak bola di desa Druze Majdal Shams di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, wilayah yang direbut dari Suriah oleh Israel dalam perang Timur Tengah tahun 1967 dan dianeksasi dalam tindakan yang tidak diakui oleh sebagian besar negara.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More