Intip Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan China, Siapa Lebih Kuat?

Kamis, 25 Juli 2024 - 17:50 WIB
Militer Israel memiliki kekuatan yang disegani oleh banyak negara meski kerap dikalahkan pejuang Hamas. Foto/EPA
GAZA - Perbandingan kekuatan militer Israel dan China menarik diketahui. Tak bisa diremehkan, masing-masing punya armada mumpuni.

Baru-baru ini, China membuka jalan untuk menengahi kelompok-kelompok yang terpecah di Palestina. Termasuk Hamas dan Fatah, 14 kelompok Palestina resmi menandatangani perjanjian untuk mengakhiri perpecahan dan memperkuat persatuan Palestina.

Menanggapi kabar tersebut, Israel meradang. Mengutip Dw, Menteri Luar Negeri Israel Katz menyebut kesepakatan itu tidak akan pernah terjadi karena kekuasaan Hamas akan segera dihancurkan.



Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan China

Israel dan China memiliki militer yang kuat. Masing-masing di antaranya didukung oleh kemampuan tentara, persenjataan hingga aspek-aspek lainnya. Berikut ini perbandingannya.

1. Jumlah tentara

Secara peringkat, GlobalFirePower menempatkan China unggul jauh di atas Israel. Sementara Beijing bertengger di urutan ke-3, Tel Aviv hanya menempati peringkat ke-17 dari 145 negara.

Soal jumlah tentara, China juga menang telak. Negeri Tirai Bambu memiliki personel aktif mencapai 2,03 juta, tentara cadangan 510 ribu, serta unit paramiliter sebanyak 625 ribu.

Sedangkan untuk Israel, mereka punya tentara aktif sebanyak 170.000. Lalu, ada juga 465.000 tentara cadangan dan 35.000 pasukan paramiliter.

2. Anggaran pertahanan

Anggaran pertahanan menjadi komponen penting yang mendukung kekuatan militer sebuah negara. Masih sama, China kembali mengungguli Israel meski telah mendapat bantuan dana dari sekutunya seperti Amerika Serikat.

Pada sisi China, mereka memiliki anggaran pertahanan sebesar USD227 miliar. Sedangkan Israel hanya punya USD24,4 miliar.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More