Ini yang Ukraina Dapatkan dari KTT NATO: Jet Tempur F-16 hingga Sistem Rudal Patriot

Jum'at, 12 Juli 2024 - 07:53 WIB
Negara-negara NATO, dalam KTT di Washington, menjanjikan banyak bantuan militer untuk Ukraina. Itu termasuk F-16 hingga sistem rudal Patriot. Foto/REUTERS
WASHINGTON - Ukraina telah mendapatkan janji baru bantuan militer, dan pengumuman baru masih diharapkan muncul sebelum pertemuan puncak atau KTT NATO di Washington, Amerika Serikat (AS), berakhir.

KTT NATO berlangsung 9 hingga 11 Juli 2024 waktu Washington.

Presiden AS Joe Biden mengatakan saat pertemuan hari Selasa bahwa Washington, Berlin dan Bukares akan mengirimkan tiga baterai sistem pertahanan udara Patriot tambahan ke Ukraina.



Belanda dan mitra NATO lainnya akan menyumbangkan komponen untuk mengoperasikan baterai Patriot baru yang keempat, kata Biden, seraya menambahkan bahwa Italia akan mengirimkan sistem pertahanan udara SAMP-T lainnya.



“Selain itu, dalam beberapa bulan mendatang, Amerika Serikat dan mitranya bermaksud memberikan lusinan sistem pertahanan udara taktis kepada Ukraina,” kata Biden.

Itu akan mencakup senjata anti-pesawat Gepard self-propelled buatan Jerman, sistem pertahanan udara jarak menengah NASAMS, dan varian sistem IRIS-T.

Sistem pertahanan udara, dan pasokan rudal untuk menjaga agar mereka tetap menembak, telah menjadi prioritas utama bagi Kyiv karena Ukraina menghadapi pengeboman rudal dan drone Rusia yang terus-menerus.

Dalam pernyataan terpisah, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Kanada telah menjanjikan tambahan bantuan militer sebesar CAD500 juta atau sekitar USD367 juta. Pernyataan dari kantor kepresidenan Kyiv tidak merinci isi paket bantuan tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More