Seberapa Besar Upaya NATO untuk Mempersiapkan Diri Perang dengan Rusia?

Kamis, 11 Juli 2024 - 18:50 WIB
AS, Inggris, Jerman, Turki, dan negara-negara lain telah menyediakan senjata anti-tank, sistem pertahanan rudal, senjata artileri, tank, dan drone militer. Amerika, Inggris dan Perancis juga memasok rudal jarak jauh.

Negara-negara NATO memasok sistem pertahanan udara Patriot ke Ukraina

Berbicara pada KTT di Washington, Presiden Joe Biden mengatakan AS akan bermitra dengan Jerman, Italia, Belanda, dan Rumania untuk menyumbangkan baterai rudal Patriot dan sistem lainnya guna meningkatkan pertahanan udara Ukraina.

Hal ini menyusul serangan udara Rusia di Ukraina pada tanggal 8 Juli yang menghancurkan sebuah rumah sakit anak-anak di Kyiv dan menewaskan 43 orang di seluruh negeri, menurut para pejabat.

Presiden Zelensky telah menghabiskan waktu berbulan-bulan memohon kepada sekutu Baratnya agar memberikan lebih banyak senjata.

Sebelumnya pada tahun 2024, pasokan amunisi AS mengering setelah rancangan undang-undang untuk memberikan lebih banyak dukungan militer ke Ukraina ditunda selama beberapa bulan. Produsen senjata Eropa tidak mampu mengisi kesenjangan tersebut.

AS mengizinkan dua negara NATO, Denmark dan Belanda, mengirim jet tempur F-16 buatan AS ke Ukraina. Pesawat pertama diharapkan tiba akhir musim panas ini.

3. Mencegah Serangan Rusia di Arktik hingga Atlantik Utara



Foto/AP

Melansir BBC, pada tahun 2023, para komandan NATO menyetujui rencana terperinci untuk melawan kemungkinan serangan Rusia di mana pun di Arktik dan Atlantik utara, Eropa tengah, atau kawasan Mediterania.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More