AS Terkejut dengan Kecepatan Rusia Bangun Aliansi Baru

Kamis, 20 Juni 2024 - 19:16 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bertemu di Pyongyang, 19 Juni 2024. Foto/Sputnik/Vladimir Smirnov
WASHINGTON - Kemitraan keamanan Rusia dengan China, Korea Utara (Korut), dan “musuh-musuh” Amerika Serikat (AS) lainnya tidak diantisipasi oleh Washington, menurut laporan Wall Street Journal (WSJ).

WSJ mengutip sumber intelijen yang tidak disebutkan namanya terkait masalah tersebut.

Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani kemitraan strategis dan perjanjian pertahanan bersama dengan Republik Demokratik Rakyat Korea (Korut) pada Rabu (19/6/2024), sebelum terbang ke Vietnam.



Kunjungan Putin ke China bulan lalu mendorong salah satu pembuat kebijakan AS untuk menyatakan upaya Amerika selama puluhan tahun untuk memisahkan Moskow dan Beijing telah sia-sia.

“Kecepatan dan kedalaman perluasan hubungan keamanan yang melibatkan musuh AS terkadang mengejutkan para analis intelijen Amerika. Rusia dan negara-negara lain telah mengesampingkan perselisihan bersejarah untuk bersama-sama melawan apa yang mereka anggap sebagai sistem global yang didominasi AS, menurut mereka,” ungkap laporan WSJ pada Rabu.

Washington menuduh Pyongyang “mengirim pekerja ke Rusia untuk membantu jalur produksi senjata,” serta menjual rudal dan peluru artileri ke Moskow untuk digunakan melawan Ukraina.

AS juga percaya China telah memungkinkan industri militer Rusia menghindari sanksi Barat, dengan mengirimkan “peralatan ganda dalam jumlah besar, termasuk peralatan mesin, mikroelektronik… optik untuk tank dan kendaraan lapis baja, dan mesin turbo untuk rudal jelajah,” menurut sumber AS pada WSJ.



Mereka juga menuduh China telah membantu Rusia “meningkatkan kemampuan satelit dan ruang angkasa lainnya untuk digunakan di Ukraina.”
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More